Jakarta (ANTARA GORONTALO) - Ketua DPR RI Ade Komarudin memuji Satgas Tinombala yang berhasil melumpuhkan pemimpinan kelompok teroris, Santoso, di pegunungan Tambrana, Poso, Sulawesi Tengah.

"Operasi dan strategi yang dilakukan Satgas Tinombala adalah cara cerdas yakni mengunci pergerakan kelompok Santoso di kawasan hutan di lereng gunung yang medannya sulit di tempuh," kata Ade Komarudin, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Menurut Ade Komaruddin yang akrab disapa Akom, Satgas Tinombala patut diberi apresiasi atas kerja kerasnya yang berhasil melumpuhkan Santoso.

Politisi Partai Golkar ini menilai, operasi dan strategi yang dilakukan Satgas Tinombala adalah sistematis, yakni terus bergerak dari ruang yang besar untuk mengurung pergerakan anggota kelompok Santoso, hingga aksesnya semakin tertutup.

"Dengan menutup aksesnya, sehingga kelompok Santoso ada akses untuk mendapatkan logistik," katanya.

Akom mengingatkan, meskipun Santoso telah dilumpuhkan, tapi gerakan terorisme di Indonesia harus terus diwaspadai.

Persoalan gerakan terorisme ini, kata dia, harus terus diminimalisir melalui pendekatan ideologi dan pendidikan agama secara benar.

"Akar persoalan terorisme harus diketahui secara jelas dan terorisme jelas bertentangan dengan agama. Karena agama mengajarkan kedamaian, bukan kekerasan," katanya.

Satgas Tinombala dalam operasinya di pegunungan Tambara, Poso, Sulawesi Tengah, pada Senin (18/7) berhasil menewaskan Santoso dan satu orang lainnya.

Dengan tewasnya dua orang tersebut, kelompok teroris Santoso masih ada sebanyak 19 orang lagi.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016