Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo berencana akan melakukan penataan di sekitar objek wisata Taman Laut Olele.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango Yudiawan Maksum di Gorontalo, Senin mengatakan sebenarnya tempat wisata ini tidak dikelola oleh Pemkab namun pihaknya selalu mendukung penataan dan pengembangan nya.

"Insya Allah paling lambat tahun depan kita akan menata rumah-rumah yang ada di sekitar lokasi," ucap Yudiawan.

Ia mengatakan dalam beberapa bulan ke depan, Bank Indonesia (BI) akan membangun tempat-tempat kuliner yang akan dimanfaatkan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sekitar lokasi wisata.

Berkaitan dengan pengembangan, selaku Pemerintah Daerah setempat kata dia pihaknya akan mendukung dalam hal pendampingan untuk pengurusan proses perizinan.

Langkah lain yang dilakukan yakni, menggagas pertemuan yang melibatkan semua pihak terkait untuk membahas pembangunan dan pengembangan di destinasi wisata tersebut.

Rencananya langkah pengembangan tersebut kata dia, mulai dilaksanakan paling lambat tahun depan, dan tentunya akan melibatkan semua pihak terkait.

"Insya Allah ke depan ini kita dorong dan akan menjadi prioritas untuk anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) khusus di dinas," kata dia.

Destinasi Wisata Taman Laut Olele menjadi salah satu tempat wisata geopark di Provinsi Gorontalo, serta memiliki daya tarik wisata bahari di Kabupaten Bone Bolango.

"Catatan yang ada pada kami, khusus bulan Agustus 2024, tempat wisata ini telah dikunjungi 415 wisatawan nusantara," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024