Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo tahun 2024, resmi diikuti oleh tiga pasangan calon. Nomor urut 1 Roni Imran dan Ramdhan Mapaliey, nomor urut 2 Thariq Modanggu dan Nurjana Hasan Jusuf, nomor urut 3 Ridwan Yasin dan Muchsin Badar.

Ketua KPU Gorontalo Utara Sofyan Jakfar di Gorontalo, Sabtu mengatakan pihaknya telah menggelar rapat pleno terbuka penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo Utara Tahun 2024.

"Pleno ini digelar mengingat terjadi perubahan nomor urut dari sebelumnya hanya ada dua pasangan calon. Saat ini telah menjadi tiga pasangan calon setelah rapat pleno penetapan pasangan calon telah dilakukan pada Jumat (4/10) untuk pasangan Ridwan Yasin dan Muchsin Badar," katanya.

Selain penetapan perubahan nomor urut, KPU juga melakukan validasi surat suara untuk ketiga pasangan calon yang dilakukan oleh masing-masing LO.

Spesimen surat suara yang telah divalidasi segera dikirim Sabtu malam ke KPU RI untuk proses pencetakan.

Pihak KPU juga telah melakukan penetapan zona kampanye yang juga mengalami perubahan.

Kampanye dialogis terbatas akan dilakukan hingga 20 November 2024. Pengaturan jadwal telah dibahas bersama.

Ada tiga zona dimana masing-masing zona selama tujuh hari kampanye terbatas (dialogis) untuk setiap pasangan calon.

Selanjutnya akan dilakukan kampanye rapat umum terbuka pada 21, 22 dan 23 November 2024.

Kampanye tersebut pun telah diatur jadwal pelaksanaannya. Nomor urut 1 akan melakukan kampanye monologis pada 21 November 2024, nomor urut 2 pada 22 November 2024, ditutup nomor urut 3 pada 23 November 2024.

Saat pasangan lain melakukan kampanye rapat umum terbuka, pasangan calon lainnya tidak diperkenankan menggelar kampanye mengingat setiap pasangan calon dalam kampanye monologis, dapat mengerahkan massa dari seluruh zona yang ada.

Ini diatur sebab menyangkut keamanan dan pengamanan, kata Sofyan yang berharap pelaksanaan kampanye berlangsung aman dan lancar. Masyarakat pun dapat dengan nyaman dan tertib menghadiri pelaksanaan kampanye rapat umum terbuka.

"Seluruh jadwal pelaksanaan kampanye telah kita sepakati bersama melalui musyawarah yang dihadiri seluruh LO pasangan calon, pihak kepolisian mengingat menyangkut surat tanda terima pemberitahuan (STTP) serta diawasi langsung pihak Bawaslu kabupaten," kata Sofyan.

KPU berharap tahapan kampanye yang masih akan berlangsung hingga 23 November 2024 dapat berjalan aman, lancar dan kondusif hingga hari pemungutan suara nanti.***

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024