Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo mensosialisasikan pendidikan pemilih bagi generasi milenial (gen-z) di daerah itu.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo Sophian Rahmola di Gorontalo, Kamis mengatakan pihaknya memilih cara berbeda dalam menggelar sosialisasi pendidikan pemilih gen-z yakni dengan cara kolaborasi merdeka belajar dan merdeka memilih.

"Kami memilih sentuhan kekinian dalam melaksanakan pendidikan pemilih. Kita mengajak para gen z untuk memperhatikan teori, sekaligus praktik. Kami berharap cara ini efektif mengenalkan tentang tahapan pemilihan maupun teknis penyelenggaraan saat hari pemungutan suara maupun proses rekapitulasi suara hingga penetapan," katanya.

Seperti yang dilakukan dalam kunjungan lapangan peserta didik dari SMA Negeri 1 Gorontalo dalam kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Kegiatan yang berlangsung di aula RPP Dulohupa KPU Provinsi Gorontalo ini, juga dihadiri para komisioner KPU lainnya.

Sophian mengatakan proses demokrasi yang ideal dan sempurna serta mendidik bagi pemilih pemula adalah proses yang tepat dilakukan dengan sentuhan kekinian..

Mereka (pemilih pemula) mendapatkan pengetahuan dalam teori, juga melaksanakan simulasi dan praktik pemungutan suara di TPS sehingga ilmunya dapat lebih cepat diterima.

Sophian pun mengucapkan terima kasih kepada pihak SMA Negeri 1 Gorontalo atas atensinya terhadap pelaksanaan pemilihan kepada daerah serentak dengan menghadirkan siswa-siswi dalam kegiatan tersebut.

Harapannya agar proses seperti ini dapat lebih mengedukasi masyarakat di seluruh kalangan untuk pelaksanaan tahapan pemilihan hingga ke depan nantinya dapat memahami masing-masing tugas dari kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) dalam pelaksanaan pemilihan khususnya di Gorontalo.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Gorontalo Adianiwaty S. Polapa mengucapkan terima kasih kepada KPU Provinsi Gorontalo karena telah memfasilitasi kehadiran siswa siswi-nya untuk belajar tentang pemilihan pada kunjungan lapangan belajar tersebut.

"Siswa-siswi  belajar langsung dari ahlinya. Tentu sangat kami syukuri dan berharap dapat melaksanakannya berkelanjutan," imbuhnya.

Kegiatan tersebut juga diwarnai dengan pemutaran film sebagai implementasi pelaksanaan kegiatan nonton bareng film "Tepatilah Janji" secara serentak sebagai rangkaian program peringatan Hari Santri dan Hari Sumpah Pemuda yang dicanangkan oleh KPU RI.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo mensosialisasikan tentang pendidikan pemilih bagi generasi milenial (gen z) bagi siswa-siswi SMA Negeri 1 Gorontalo. (ANTARA/HO-Humas KPU Provinsi Gorontalo)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024