Manado, (ANTARAGORONTALO) - Gubernur Olly Dondokambey menginginkan pariwisata Sulawesi Utara (Sulut) menjadi Bali kedua yang mampu menyerap banyak kunjungan wisatawan.

"Momentum perayaan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia menjadi pelecut semangat pemerintah daerah yang didukung masyarakat menjadikan pariwisata Sulut sebagai Bali kedua," kata Gubernur Dondokambey di Manado.

Untuk mewujudkan hal itu, kata Dondokambey, pemerintah daerah terus mengoptimalkan pembangunan infrastruktur penunjang sektor pariwisata.

"Hal itu bukan menjadi suatu halangan bagi kami, melainkan tantangan dalam rangka memajukan pariwisata di Sulut," ujarnya.

Politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mengungkapkan, maskapai-maskapai penerbangan banyak yang mulai tertarik membuka rute penerbangan menuju Manado, baik domestik maupun luar negeri.

"Kami mengharapkan sampai Desember 2016 telah ketambahan sebanyak 12 rute penerbangan setiap hari dari sejumlah negara seperti Jepang, Korea dan Brunei," ujarnya.

Terobosan-terobosan yang dilakukan pemerintah daerah, kata mantan anggota DPR-RI tiga periode ini bukan tanpa target.

Hingga tahun 2017 mendatang, lanjut Dondokambey, pemerintah provinsi menargetkan sebanyak satu juta wisatawan yang berkunjung dan saat ini geliatnya mulai terlihat dengan jumlah kunjungan sebanyak 2.500 orang setiap harinya.

"Kami juga mendorong kabupaten dan kota membuat agenda-agenda pariwisata berskala nasional maupun internasional yang terintegrasi dengan kalender pariwisata Pemerintah Provinsi Sulut," katanya.

Potensi-potensi daerah yang berpotensi menarik kunjungan wisatawan, kata dia, harus dikembangkan dan manakala berkunjung ke daerah ini disuguhkan dengan beragam atraksi dan tidak monoton.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016