Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, Gorontalo perlu memiliki event olahraga nasional yang bisa mendorong keunggulan daerah dan menjadi alat promosi.

"Event olahraga dapat berperan menjadi alat promosi multi efek " bagi pembangunan," ucap Menpora pada seminar bertema "Peran Olahraga Dalam Membangun Kabupaten Gorontalo Gemilang" di Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMG), Senin.

Menurut dia, adanya event nasional dapat memberikan efek dari segi ekonomi, sosial, budaya semuanya berkembang, selain itu akses jalan dan alat transpotasinya dibangun, bahkan stadion pun dibangun.

"Semua tidak hanya oleh APBD, tapi juga oleh masyarakat, swasta, bahkan APBN," ucap Menpora Imam Nahrawi.

Melihat besarnya efek yang bisa dipetik dari momentum olahraga terhadap pembangunan maka setiap daerah di Indonesia ditegaskan harus searah dengan Pemerintah Pusat dalam hal pembinaan dan pendidikan terhadap generasi muda, termasuk memfasilitasi dengan kebijakan yang memungkinkan berkembangnya potensi dan bakat olahraga yang dimiliki para pemuda.

Gorontalo, kata Menpora, adalah daerah yang memiliki potensi luar biasa sehingga perlu merebut peluang dengan menggelar momentum nasional.

Ia menilai, upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah di Gorontalo dalam hal pembinaan olah raha sangatlah besat dan semangat olahraga Gorontalo kini tumbuh dengan baik.

Atas upaya tersebut ditegaskan perlunya semangat membangun olahraga dengan inovasi sehingga kegiatannya tidak terkungkung oleh faktor dana yang kemudian menyebabkan patahnya semangat untuk melangkah.

Pewarta: Adiwinata

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016