Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengharapkan forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) diharapkan mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam mengurangi resiko bencana.

"Pemerintah dan setiap warga masyarakat berkewajiban untuk bisa meminimalisasi dan mengurangi resiko bencana, tentunya dengan harapan giat melakukan sosialisasi kepada warga," kata Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, saat bertindak sebagai pembina apel gelar relawan Forum PRB tingkat Provinsi di lapangan Kecamatan Monano, Kabupaten Gorontalo Utara, Selasa (30/8).

Provinsi Gorontalo tergolong rawan bencana, karenanya pemerintah dan masyarakat harus selalu siap dan sigap menghadapi bencana, sehingga dapat meminimalisir dan mengurangi resiko bencana tersebut.

Menurutnya, untuk menumbuhkan sikap kesiapsiagaan dan melatih kemandirian masyarakat dalam menghadapi bencana, tidak hanya menjadi tugas Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan Kabupaten/Kota, tetapi juga membutuhkan peran para relawan seperi forum PRB ini.

"Forum ini juga sekaligus dapat menanamkan wawasan pengetahuan kebencanaan yang memungkinkan pemerintah dan masyarakat membuat langkah-langkah perlindungan dan penanganan bencana yang efektif, sehingga korban dan kerugian materi bisa diminimalisir," jelasnya.

Ia berahap tugas dan fungsi ini harus bisa dilaksanakan dengan baik oleh semua relawan forum PRB, sehingga masyarakat merasa nyaman dengan kehadiran relawan.

Hingga saat ini, jumlah relawan bencana yang sudah terbentuk di Provinsi Gorontalo sebanyak 19 Destana, dimana masing-masing Destana beranggotakan 30 relawan.

Untuk efektifnya pelaksanaan tugas dan fungsi relawan, Wagub menekankan perlunya pembagian tugas yang jelas, agar ketika terjadi bencana, seluruh pihak langsung sigap, tanggap dan dapat menuntaskan berbagai persoalan yang diakibatkan oleh bencana tersebut.

"Peralatan dan sarana prasarana penanggulangan bencana telah tersedia dengan baik, tetapi yang perlu ditekankan adalah menyangkut peran, hak dan kewajiban dari seluruh pemangku kepentingan dan relawan Forum PRB. Jika itu bisa dilakukan dengan baik, maka masyarakat akan terlindungi dan resiko bencana dapat kita minimalisir," ucap Wagub.  

Pewarta: Farid Dihuma

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016