Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Hana Hasanah Fadel Muhammad resmi mendaftar sebagai calon Gubernur Gorontalo, didampingi calon wakil Gubernur Gorontalo Tonny Junus, ke KPU setempat, Jumat.

Pasangan Hana-Tonny diusung koalisi empat partai politik, yaitu PDI Perjuangan, Gerindra, PPP dan PKB dengan total perolehan 12 kursi di DPRD Provinsi Gorontalo.

"Alhamdulillah, ada empat partai yang mengusung kami, dengan target koalisi ini harus menang," kata Hana Hasanah.

Terkait dengan program pasangan Hana-Tonny, dijelaskanya bahwa pihaknya akan mengembalikan kejayaan Provinsi Gorontalo, di bidang Agropolitan, Minapolitan, khususnya fokus sektor pertanian.

Ia mengakui bahwa, di provinsi Gorontalo saat ini hampir 40 persen adalah para petani, dan fakta mereka sebagian besar bertada di garis kemiskinan, karena Gorontalo termasuk lima besar kemiskinan se-Indonesia.

"Untuk status saya sebagai anggota DPD RI, saya sudah membuat surat pemberitahuan dan setelah ditetapkan sebagai calon oleh KPU, baru akan membuat surat pengunduran diri," jelasnya.

Disinggung soal adanya kontrak politik antara Hana Hasana dengan partai politik pengusung, ia menjelaskan bahwa hanya ada satu komitmen yang dibangung dan dipertanggungjawabkan yaitu komitmen ideologi.

Sementara itu ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Gorontalo, Kris Wartabone menjelaskan bahwa tidak ada komitmen antara partai dengan calon, namun menjaga kesatuan NKRI tentu dengan ideologi Pancasila dan penjabarannya melalui program nawacita pemerintah pusat dilaksanakan sepenuh hati di Provinsi Gorontalo.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016