Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menyerahkan bantuan sarana usaha Program Peningkatan Kesempatan Kerja Penciptaan Wirausaha Baru di Kecamatan Tabongo, Selasa.

Bantuan yang diserahkan langsung Wakil Bupati Gorontalo, Fadli Hasan tersebut, diberikan kepada 100 penerima manfaat program di empat Kecamataan.

Yaitu, Kecamatan Bongomeme sebanyak 30 orang untuk usaha pertukangan, Kecamatan Dungaliyo 20 Orang untuk usaha kue, 18 Orang untuk usaha kios dari Kecamatan Tabongo.

Selanjutnya, 16 Orang dari Kecamatan Biluhu untuk usaha menjahit, dan 16 Orang dari Kecamatan Batudaa untuk usaha warung makan.

"Seluruh penerima program ini sudah dibekali secara teknis oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gorontalo," ucap Fadli.

Dan kemudian, kata Fadli Hasan menjelaskan, kepada semua penerima, diserahkan perlengkapan pendukung usaha dengan harapan agar program Pemerintah menciptakan program Wirausaha baru bisa diwujudnyatakan.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gorontalo, Muhtar Nuna menambahkan, tahun 2017 nanti, dalam program yang sama, tiap Kecamatan diharapkan membentuk tiga kelompok yang masing-masing kelompok beranggotakan 15 orang.

"Persyaratan utama untuk masuk dalam keanggotan tersebut adalah mereka yang terdaftar di database pengangguran yang terdata di masing-masing Desa dan Kecamatan di Kabupaten Gorontalo," jelasnya.

Muhtar juga menambahkan, pada 2017 nanti, akan ada 26 jenis usaha yang nantinya akan dikembangkan, dan selanjutnya hal tersebut akan dikomunikasikan dengan seluruh Camat dan Kades, tentang usaha apa saja yang perlu di kembangkan di wilayahnya masing-masing.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016