Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) se-Provinsi Gorontalo selama dua hari melaksanakan rapat kerja pencermatan Rencan Kerja Anggaran Kementrian/Lembaga (RKA K/L), untuk tahun anggaran 2017.

Acara yang dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Muh N Tuli, didampingi langsung oleh Sekretaris KPU Provinsi Gorontalo, Ardin Danial, serta dihadiri juga oleh pejabat Eselon III dan IV dilingkungan  KPU Provinsi dengan melibatkan ketua dan sekretaris serta Kepala Sub Bagian Program dan Data disemua KPU di Gorontalo.

"Ini merupakan anggaran rutin KPU yang bersumber dari APBN, dan dilaksanakan setiap tahun, diantaranya untuk belanja pegawai serta kebutuhan operasional lainya,"kata Ardin Danial.

Menurutnya bahwa, KPU sudah diberikan pagu definutif dari KPU RI, tapi masih dalam bentuk anggaran global, anggaran ini kemudian akan dirinci berdasarkan program dan kegiatan pada tahun 2017 nanti untuk semua KPU di Gorontalo.

Nantinya hasil penyusunan RKA K/L Tahun 2017 oleh KPU Provinsi dan KPU kabupaten/kota, berupa hardcopy dan softcopy yang disertai data pendukung berupa TOR dan RAB akan ditanda tangani KPA serta data pendukung lainnya, segera mungkin dikirim ke KPU RI untuk divalidasi.

"Pagu ini telah disesuaikan dengan surat sekjen KPU RI perihal pencermatan terhadap rencana kerja dan anggaran pada masing-masing satker KPU," ujarnya.

Ia berharap agar dalam kegiatan ini diharapkan RKA masing-masing satker segera disusun, dengan penyerahan arsip data computer paling lambat akhir November 2016.

Sementar itu, Kabag Program Data Organisasi dan SDM, Fadli Alamri menjelaskan bahwa, kegiatan ini untuk pencermatan belanja operasional pengawai dan kebutuh lainya dengan melibatkan 7 satuan kerja KPU di Gorontalo.

"Satu KPU Provinsi dan Enam KPU kabupaten/kota se-Gorontalo,"jelasnya.

Untuk tahun 2017, ke tujuh satker KPU mendapatkan Pagu anggaran sekitar Rp22 Miliar, dengan 3 program utama yaitu, program Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis lainya,  Program Peningkatan sarana dan prasarana Apartur KPU, program Penguatan Kelembagaan Demokrasi dan Perbaikan Proses Politik.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016