Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo, Maspa Mantulangi menjelaskan bahwa, bagian Humas pada lembaga KPU dituntut mampu memberikan kesadaran politik kepada rakyat.

"Jadi humas KPU tidak hanya sekedar memberikan informasi soal tahapan penyelenggaraan Pemilukada, tetapi perlu juga memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang politik,"kata Maspa Mantulangi, saat mengikuti rapat kerja evaluasi kegiatan Kehumasan dan Penandatangan Nota Kesepahaman KPU RI bersama Komisi Informasi Pusat RI.

Dijelaskanya bahwa, rapat kehumasan dengan tema "Menata Kehumasan yang efektif dan efisien dalam menyongsong pilkada 2017" sebagai langkah keterbukaan informasi publik terhadap pelaksanaan Pemilukada serentah tahapn II.

Ia menambahkan, fungsi kehumasan dilingkungan KPU, telah diperluas dengan mengambil peran turut serta memberikan kesadaran kepada masyarakat akan politik itu sendiri.

"Edukasi politik kepada rakyat, dianggap mampu menciptakan kepercayaan yang tinggi kepada KPU,"ungkap Maspa Mantulangi.

KPU RI, juga telah memintah kepada KPU se-Indonesia, agar dapat melakukan evaluasi, mengidentifikasi capaian fungsi kehumasan di masing-masing satuan kerja, sehingga kedepan KPU dapat memikirkan langkah-langkah memperkuat fungsi kehumasan itu sendiri.

"Karena pentingnya peran kehumasan pada Lembaga KPU, maka KPU RI telah menyusun SOPTK agar ke depan kehumasan dipisah dari bagian teknis, dan nanti akan dibentuk biro khusus kehumasan,"ujarnya.


Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016