Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, Provinsi Gorontalo akan membantu warga dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan, dengan memfasilitasi mendapatkan modal dari perbankan dalam mengembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Apalagi generasi muda dengan jiwa wirausaha harus mendapat dukungan dari pemerintah. Sebab mereka bisa menciptakan ruang kerja baru dan bisa mengurangi angka kemiskinan," kata Wakil Wali Kota Gorontalo Charles Budi Doku belum lama ini.

Bahkan Pemkot langsung mempertemukan pihak perbankan dengan salah seorang pengusaha UMKM Syahril Pakaya, sebagai bentuk komitmen untuk mengembangkan usaha-usaha kecil tersebut.

"Kita harus memberi ruang dan kesempatan mereka. Ini akan sangat membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, asalkan bisa dikelola dengan baik dan benar," ujarnya.

Sementara itu perwakilan BRI cabang Gorontalo, Raflin, mengaku akan terus mendorong peningkatan UMKM milik pelaku usaha Syahril Pakaya. Sebagai langkah awal, pihaknya sudah melakukan survei ke lokasi usaha tersebut.

"Jika perlu dalam setiap Syahril melakukan sosialisasi produk usahanya, maka kami akan ikut mengawasi kegiatan itu," kata Raflin.

Syahril Pakaya, selaku pemilik UMKM yang bergerak di bidang industri kreatif pengolahan barang bekas dan tanaman obat.

Ia mengatakan, dirinya merasa terbantu dengan pertemuan yang difasilitasi Pemkot Gorontalo, namun kendala lain masih soal izin pameran yang dilakukan secara besar-besaran.

"Namun pemerintah juga sudah mempertemukan saya dengan dinas terkait untuk mengurus perizinan itu," tutupnya.

Pewarta: Febriandy Abidin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016