Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Wakil Wali (Wawali) Kota Gorontao Charles Budi Doku mengajak warga untuk terus mendongkrak perekonomian melalui penggunaan layanan lokal, seperti jasa pengiriman barang yang beroperasi di daerah itu.

Selain itu masyarakat juga harus menggunakan jasa sewa menyewa (rental) mobil, angkutan umum dan travel penyedia jasa maskapai penerbangan yang secara langsung dikelolah masyarakat lokal.

"Karena masyarakat merupakan penentu maju dan tidaknya suatu daerah. Maka dari itu sangat dibutuhkan masyarakat yang mencintai dan mau memajukan daerah dengan menggunakan produk atau layanan lokal," ujarnya, Selasa.

Menurutnya, kesadaran masyarkat dalam memakai jasa lokal akan membantu Pemerintah Kota Gorontalo dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Jika PAD meningkat, maka dampaknya juga akan masyarakat rasakan, seperti pada pembangunan jalan dan pasar-pasar yang bisa menambah penghasilan masyarakat.

"Itu disebut program dari rakyat untuk rakyat," tegasnya.

Bahkan Wawali mengatakan, jika masyarakat mulai memahami proses dan cara kerja dari jasa pelayanan itu, dengan sendirinya mereka akan merasa terpanggil untuk menyediakan jasa layanan tersebut, untuk dijadikan usaha baru.

Sebagai pemerintah, ia mengaku siap untuk menyediakan pelayanan dalam pengurusan izin usaha. Karena selama ini pengurusan itu selalu gratis.

"Kalau mereka sudah termotivasi untuk membukan usaha baru di bidang pelayanan jasa lokal, maka akan membuka lapangan pekerjaan baru. Dengan begitu angka kemiskinan di Kota Gorontalo perlahan mulai membaik," ujarnya.

Pewarta: Febriandy Abidin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017