Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo memberikan penghargaan "Adhubakti Mina Bahari" kepada kelompok Kapal Motor (KM) Putera Laut di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Gorontalo, Selasa.

Penjabat Gubernur Gorontalo, Zudan Arif Fakrullah usai menyerahkan penghargaan tersebut mengatakan Paus Orca adalah hewan yang dilindungi, dan penghargaan itu adalah bentuk kepedulian dan keberanian untuk mau melepaskan ikan yang terjerat jaring itu.

"Kelompok nelayan ini berani melepaskan ikan yang terjerat pada 20 November 2016 silam, walaupun memiliki berbagai resiko, di situlah kita berikan penghargaan," kata Zudan.

Ia mengungkapkan, kelompok KM Putera laut telah melindungi dan menyelamatkan jenis ikan yang dilindungi dan hal itu dapat menjadi Contoh bagi orang lain.

"Saya ikuti dari media sosial, para nelayan ini menerima banyak pujian dari para penggunanya, mereka memuji keberanian dan kepedulian untuk menyelamatkan paus tersebut," ia menambahkan.

Sementara itu pemilik KM Putera Laut, Ansar Rahman (39) usai menerima penghargaan itu mengatakan sangat senang karena aksi penyelamatan paus orca mendapat perhatian dari pemerintah.

"Pemerintah memberikan perhatiannya dengan memberikan penghargaan kepada kami, semoga apa yang kami lakukan dapat menjadi contoh bagi orang lain," kata Ansar.

Sebelumnya, sebuah video penyelamatan paus orca di Gorontalo tersebar di media sosial.

Dalam video berdurasi 2 menit 50 detik ini seorang nelayan berusaha membebaskan paus orca yang masuk dalam jaring kapal pamo.

Upaya penyelamatan tersebut dilakukan bersama nelayan lain yang berada di atas kapal, hingga hewan predator itu berhasil keluar dan meninggalkan lokasi tersebut.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017