Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo akan membangun "Pondok Baca" di setiap desa, terutama desa terpencil, guna menarik minat warga untuk membaca.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (DKPD) Provinsi Gorontalo, Imran Malik menjelaskan, pondok baca ini didesain untuk desa yang sulit terjangkau baik dari segi informasi maupun transportasi.

"Ada beberapa program kegiatan yang kami rencanakan selain pondok baca, juga ada pojok baca yang akan dibangun di setiap sudut kota di Gorontalo," kata Imran, Kamis.

Dijelaskan, pondok baca dan pojok baca sifatnya "mobile" dan akan berpindah-pindah, namun hal tersebut intensif akan dilakukan hingga minat baca masyarakat bisa tumbuh.

Ia mengakui jika, rendahnya minat baca di Gorontalo bukan berarti pihaknya berhenti untuk berbuat sesuatu, akan tetapi pemerintah terus berupaya dan berinisiatif untuk membuat kegiatan-kegiatan hingga minat baca ini bisa meningkat.

"Semoga apa yang telah direncanakan ini bisa mendapat dukungan dari semua pihak, untuk menggerakan reaksi gemar membaca dan membangun SDM yang berkualitas di Gorontalo," tegasnya.

Sementara itu, Asisten I bidang Pemerintahan, Anis Naki menjelaskan minat baca berkaitan dengan mentalitas, jadi spirit dan semangat tentu harus datang dari yang bersangkutan, namun secara eksternal ada upaya yang dilakukan oleh pemerintah.

"Berbagai upaya yang dilakukan Pemprov Gorontalo saat ini, tidak lain untuk menarik minat baca warga, namun diharapkan kepada orang tua untuk dapat membina anak-anaknya sejak dini minat untuk membaca," kata Anis.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017