Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Wali Kota Gorontalo Marthen Taha meninjau langsung lokasi pekerjaan pembangunan fisik dan penataan bangunan kawasan strategis lapangan Taruna Remaja.

Dari waktu pekerjaan, proyek itu diakui Marthen telah memenuhi target. Tiga bulan berjalan, proses pembangunannya ia perkirakan telah mencapai 70 persen yang tuntas.

"Pada bulan Agustus saya meminta kepada kontraktor untuk segera diselesaikan, karena akan digunakan pada peringatan hari kemerdekaan Indonesia dan segera bisa dimanfaatkan warga," katanya, Senin.

Ia menjelaskan, di dalam rencana tata bangunan dan lingkungan oleh Pemkot Gorontalo, lapangan Taruna Remaja menjadi identitas daerah, karena di sana terdapat patung Nani Wartabone dan juga tempat bermain anak-anak serta masyarakat pada umumnya.

Proyek itu diakui masih tahap awal, karena sesuai usulan mereka ke Pemerintah Provinsi Gorontalo, total dana yang dimanfaatkan sebesar Rp25 miliar.

"Untuk tahap awal ini hanya menghabiskan Rp4,7 miliar yang diambil dari APBN. Tahun 2018 nanti akan ada dana yang sama, karena pembangunannya dilakukan bertahap," ungkapnya.

Target pembangunan itu hingga tahun 2019, jika itu telah selesai lapangan Taruna Remaja akan menjadi taman bermain atau ruang terbuka untuk semua masyarakat.

Di lapangan itu juga, pemerintah akan menata patung Nani Wartabone. Air mancur yang berada di bawah patung tersebut akan ditata lebih baik dari saat ini.

"Contohnya seperti di terminal tiga Bandara Soekarno-Hatta. Sekeliling patung juga akan ada relief yang menjelaskan perjungan Nani Wartabone dan teman-temanya," imbuhnya. 

Pewarta: Febriyandi Abidin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017