Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara meyakini jika Daftar Pemilih Tetap (DPT) di daerah tersebut masih akan berubah.

Hal itu diungkapkan komisioner KPU setempat, Sophian Rahmola, Selasa, terkait penyempurnaan DPT yang terus dilakukan.

DPT kabupaten ini 82.265 orang, namun pekan depan dimungkinkan akan mengalami penurunan angka, akibat pemilih yang meninggal dunia, pindah domisili dan menjadi anggota TNI/Polri.

Diakuinya, verifikasi DPT terus dilakukan karena berhubungan langsung dengan distribusi logistik, diantaranya kebutuhan surat suara agar sesuai dengan data di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat terus dilakukan, untuk menyempurnakan DPT.

Sophian mengatakan, imbauan pihaknya intensif disampaikan kepada masyarakat khususnya partai politik di daerah itu untuk proaktif mengawal penyempurnaan DPT termasuk melaporkan kejadian yang berhubungan langsung dengan pendataan pemilih.

Sejauh ini kata Sophian, verifikasi DPT terus dilakukan berdasarkan data dari Disdukcapil dan laporan pemerintah desa maupun kecamatan.

"Terkait jumlah pemilih pemula menurutnya belum ada data pasti maupun persentase dari DPT yang ada, namun ketambahan diperkirakan tidak terjadi," ujarnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014