Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Objek wisata yang juga merupakan cagar budaya Benteng Otanaha di Dembe, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo ramai dikunjungi wisatawan, Minggu.

Pantauan ANTARA, pengunjung dari daerah Gorontalo maupun luar daerah ramai berdatangan ke objek wisata yang memiliki tiga buah benteng yaitu Otanaha, Otahiya dan Ulupahu tersebut.

Halis, salah seorang pengunjung asal Taludaa, Kabupaten Bone Bolango mengatakan bahwa Benteng Otanaha adalah objek wisata yang menarik karena dalam satu lokasi, pengunjung bisa melihat berbagai pemandangan.

"Dengan lokasi yang berada di atas bukit, kita bisa melihat pemandangan Kota Gorontalo dan juga Danau Limboto selain meliht benteng bersejarah ini," ujarnya.

Menurutnya, benteng yang konon dibangun pada jaman bangsa Portugis tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi dan patut untuk dilestarikan dan dijaga keberadaannya.

Sementara itu, wisatawan asal Kabupaten Bolaang Mogondow Selatan, Ismael mengaku mengunjungi Benteng Otahana karena penasaran setelah melihat foto di media sosial.

"Saya penasaran dengan pemandangannya, dan ternyata memang indah, selain bisa melihat langsung dan berfoto di lokasi benteng, saya dan keluarga bisa melihat Danau Limboto dari atas sini," ungkapnya.

Namun Ismael berharap di lokasi wisata bersejarah itu dapat dibangun lokasi kuliner dan juga pusat informasi tanpa mengganggu lokasi inti benteng.

"Jika ada pusat kuliner, wisatawan bisa menikmati pemandangan dan juga makanan khas Gorontalo, selalin itu pusat informasi juga bisa membuat kami para pengunjung dari luar daerah bisa mengetahu sejarah lengkap benteng ini," tambahnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017