Jakarta (ANTARA GORONTALO) - Musisi instrumental Tommy Pratomo yang kerap  tampil bersama HiVi!, Marcell, Raisa hingga Barasuara tidak asing lagi di telinga pencinta musik pop jazz Indonesia. 

Di luar keahliannya bermain saxophone, Tommy Pratomo kembali masuk studio rekaman guna melanjutkan perjalanan musiknya di bidang tarik suara. 

Setelah merilis album perdananya pada 2015 lalu, musisi kelahiran 1 Juli 1988 ini akhirnya fokus untuk menyuguhkan karya lainnya yang menjadi cerminan musikalitas dirinya. 

"Ada sisi perjalanan musik saya pribadi yang ingin saya bagikan ke pendengar di single 'Step' ini termasuk saya yang bernyanyi. Sejujurnya bernyanyi bukan hal yang baru karena di awal dulu, saya memulai kehidupan bermusik sebagai penyanyi acara pernikahan dan di beragam acara," ujar Tommy dalam siaran pers.

Sebuah lagu berjudul 'Step' didaulat menjadi single pembuka dari album keduanya. Sebuah single yang bercerita tentang fase pendekatan atau PDKT seorang cowok ini dibalut dalam aransemen RnB sebagai pondasi dan diperkaya dengan sentuhan elektronik, funk dan urban jazz.

Untuk memaksimalkan kemampuan dasar bernyanyi yang sudah ada, Tommy Pratomo mengolah vokalnya. Gaya bernyanyi dari Sisco, KC & Jojo, Drake, Brian McKnight, Chance The Rapper hingga Luther Vandross diadopsinya dan dikombinasikan dengan sesi brainstorming bersama teman-teman vokalis seperti Adyuta abandhika, Joshua Kunze, Bakhes Igirisa, Matthew Sayerz dan Kevin Widaya (JIVVA).

Sejumlah musisi profesional turun tangan berbagi kemampuan untuk menjadikan single ini menjadi sebuah suguhan yang bisa dinikmati pendengarnya. Lagu yang ditulis oleh Tommy Pratomo ini didukung oleh Ade Avery (gitar), Adrian "Kitut" Rahmat (keyboard, synth, bass), Rio Exo, kemudian diolah oleh Marco Steffiano sebagai produser dan proses mixing digarap oleh Rayendra Sunito. 

Ketika sudang matang, single "Step" ini kemudian menjalani proses mastering di Master Sage Audio, Amerika Serikat. 

"Saya mencoba untuk memaksimalkan semua sisi termasuk sisi produksi ini. Dengan lirik dan aransemen yang sudah dibayangkan sebelumnya hingga single ini jadi, ada harapan untuk mereka yang mendengarkan bisa merasakan suatu karya yang dalam dan fresh dari saya yang memiliki label pemain saxophone," ujarnya.

Selain "Step", Tommy Pratomo terus merampungkan proses album keduanya yang direncanakan rilis pada beberapa bulan ke depan. Single "Step" sudah rilis dan bisa dinikmati secara digital di beragam layanan musik streaming seperti JOOX, Tidal, Apple Music, Spotify dan Deezer serta bisa dimiliki lewat iTunes.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017