Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Kementerian Agama (Kemenag) melakukan pemetaan kembali seluruh embarkasi haji yang ada di Indonesia, kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat berkunjung ke Gorontalo, Jumat (13/10).

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mengefisienkan penerbangan seluruh jemaah haji Indonesia yang

berangkat dari berbagai titik.

"Efisien itu harus dihitung segala sesuatunya, jangan sampai kita ingin membangun embarkasi penuh tapi justru yang terjadi malah menjadi beban bagi daerah," ujarnya.

Jangan sampai menjadi beban, menurut Lukman, karena untuk membangun embarkasi penuh membutuhkan dana yang tidak sedikit, seperti harus mengeluarkan APBD yang besar.

Terkait keinginan menjadikan embarkasi antara Gorontalo menjadi embarkasi penuh, menurut Lukman banyak hal yang harus dipersiapkan.

Tidak hanya asrama haji yang lengkap fasilitasnya, tapi juga bandara yang harus dikoordinasikan dan dikonsultasikan dengan Kementerian Perhubungan, maskapai penerbangan, Angkasa Pura dan lain sebagainya.

"Semua hal untuk menjadikan embarkasi penuh di Gorontalo harus dipersiapkan secara komperhensif dan menyeluruh," tambahnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim terus memperjuangkan embarkasi haji penuh di daerah itu.

"Pemerintah dan seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo memiliki keinginan yang besar terwujudnya embarkasi haji penuh di Provinsi Gorontalo," kata Idris.

Oleh karena itu pada kunker Menteri Agama ke Gorontalo, Wagub kembali mengungkapkan impian besar terwujudnya embarkasi haji penuh di Gorontalo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017