Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo akan menyajikan Kopi organik Pinogu pada puncak acara "Panasonic Gobel Awards" di Jakarta, 27 Oktober 2017, sebagai promosi produk tersebut.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UMKM Kabupaten Bone Bolango, Basir Noho mengatakan mereka akan menyediakan stand untuk menyuguhkan kopi pinogu dengan berbagai macam rasa.

"Kopi pinogu itu akan disajikan bersama gula aren asal Kecamatan Bulango Ulu yang sudah dibuat serbuk. Kopi pinogu bersama gula aren disajikan ala barista," katanya, Selasa.

Ia menjelaskan, promosi itu juga sebagai bentuk bahwa Kopi Pinogu telah memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dari Kementrian Hukum dan HAM.

Maka sudah layaknya, lanjutnya, kopi pinogu membawa nama khas daerah agar dikenal masyarakat seluruh Indonesia dan luar negara.

"Sekitar 600 gelas yang akan disajikan dengan kopi sebanyak 40 hingga 60 kg yang akan dibawa dari Gorontalo," katanya lagi.

Kopi Pinogu adalah produk unggulan di Kabupaten Bone Bolango. Sebelumnya dinas terkait telah mempromosikan produk tersebut di salah satu hotel di Manado, Sulawesi Utara.

Kerja sama dengan hotel tersebut adalah untuk pertama kali mereka lakukan. Kopi tersebut nantinya akan menjadi sajian utama di hotel tersebut.

"Pengelolah hotel meminta dikirimkan 100 kg kopi pinogu yang dibagi 85 kg bubuk dan sisanya di sangrai. Hal itu akan dilakukan terus menerus sesuai kesepakatan," tutupnya.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017