Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Enam dosen mencalonkan diri dalam Pemilihan Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Periode 2014-2018 yang akan digelar Mei 2014.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNG, Rauf Hatu di Gorontalo, Selasa, mengatakan, keenam rektor tersebut adalah Dosen Fakultas Ekonomi, Usman Moonti, Ketua Lemlit, Ishak Isa, Dosen Fakultas Sastra dan Budaya, Sayama Malabar.

Calon lainnya yakni Pembantu Dekan II Fakultas Pendidikan, Anshar Made, Dosen Fakultas Ilmu Sosial Sastro Wantu dan Syamsu Qamar Badu yang saat ini masih menjabat sebagai Rektor UNG.

"Batas waktu pendaftatan 18 Maret 2014 pukul 16.00 WITA, kami yakin pendaftar masih akan terus bertambah," ujarnya.

Tahapan selanjutnya, kata dia, adalah seleksi dan verifikasi berkas tanggal 19 hingga 23 Maret, tes kesehatan tanggal 25 Maret , dan pengumuman bakal calon 26 Maret 2014.

Setelah itu, senat universitas akan menetapkan bakal calon

yang memenuhi syarat dan melakukan penyaringan yang diawali dengan penyampaian visi misi pada 10 April 2014.

"Setelah terpilih tiga calon yang memperoleh suara terbanyak baru dikirim ke Menteri Pendidikan. Pemilihan Rektor kemungkinan digelar awal Mei," jelasnya.

Pemilihan tersebut akan dilakukan Menteri Pendidikan atau yang mewakili, serta 47 anggota senat UNG hingga terpilih Rektor UNG untuk periode 2014-2018.

Rauf menambahkan, syarat khusus dalam mencalonkan diri sebagai rektor diantaranya adalah pendidikan minimal strata tiga dengan jabatan minimal lektor kepala.

"Dari 625 dosen di UNG, yang memenuhi syarat sebagai calon rektor ada 102 orang dari segi kepangkatan dan pendidikan," ucapnya.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014