Gorontalo,   (Antaranews Gorontalo) - Tim dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) MM Dunda Limboto menuntaskan rangkaian pemeriksaan kesehatan terhadap bakal peserta Pilkada Kabupaten Gorontalo Utara tahun 2018.

"14 orang dokter spesialis ditambah para dokter pendukung, dokter umum dan dokter pelaksana, termasuk 1 orang dokter spesialis penyakit jiwa dan 1 orang dokter spesialis urologi yang didatangkan dari Provinsi Sulawesi Utara, sudah menuntaskan tugasnya memeriksa kesehatan masing-masing bakal calon bupati dan calon wakil bupati," ujar ketua tim pemeriksaan kemampuan kesehatan jasmani dan rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika paslon, dr Wiwin Yusuf, Sp.B, Minggu di Gorontalo.

Ia memastikan tidak ada intervensi ataupun bisik-bisik antara dokter dengan seluruh bakal calon bupati dan wakil bupati, sebab seluruh dokter bekerja independen dan profesional.

"Seluruh bakal paslon pasti saling kenal dengan para dokter, kenal dengan baik sebab tidak mungkin di antara mereka tidak ada yang pernah sakit meski hanya flu saja," ujar pria yang juga menjabat Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Gorontalo.

Ia berharap, seluruh bakal paslon bisa lulus pada tahapan itu, apalagi untuk pemeriksaan kesehatan jiwa dapat dipastikan semuanya sehat atau tidak memiliki kelainan jiwa sebab yang paling utama adalah, bakal calon sehat kesehatan jiwanya dan aman-aman saja.

Wiwin memastikan, pada tahapan pemeriksaan tersebut terlaksana dengan baik dan tidak menemukan masalah, termasuk pemeriksaan pendukung interna, serta menunggu hasil dari pihak Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP).

Ketua IDI Gorontalo Utara, dr Ardiansyah mengatakan, paling lambat pleno hasil pemeriksaan tersebut akan disampaikan pada 16 Januari 2018 sesuai batas waktu dari pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, atau paling cepat pada Senin pagi, 15 Januari 2018.

Pihaknya memastikan kata Ardiansyah, apapun hasilnya nanti tidak dapat dipertentangkan dengan hasil lainnya dan sudah merupakan keputusan final.

Tahapan pemeriksaan kemampuan kesehatan jasmani dan rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika bagi bakal paslon di Pilkada 2018 Gorontalo Utara, dilaksanakan di dua rumah sakit yaitu, RSUD MM Dunda Limboto Kabupaten Gorontalo dan RSU Aloe Saboe Kota Gorontalo.

Tiga bakal paslon seluruhnya mengikuti rangkaian pemeriksaan yang dilakukan selama empat hari sejak Kamis, 11 Januari hingga Minggu, 14 Januari 2018.

Bakal paslon di Pilkada 2018, Indra Yasin (bupati petahana)-Thoriq Modanggu (akademisi) diusung PAN, PDIP, PPP, PKS dan Gerindra.

Roni Imran (wakil bupati petahana)-Ismail Patamani (birokrat menjabat Sekretaris Daerah) diusung partai Demokrat dan Hanura, serta Thomas Mopili (politisi)-Suhela Rakhmad (pengusaha) diusung Golkar.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018