Manado,  (Antaranews Gorontalo) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi di sejumlah wilayah, Jumat malam.

"Waspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang hingga pukul 24.00 WITA," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Sutikno.

Cuaca ekstrem ini berpeluang terjadi di wilayah Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Selatan dan Bolaang Mongondow Timur.

Diperkirakan juga cuaca seperti ini dapat meluas ke wilayah Kota Kotamobagu, Manado, serta Tomohon.

Berdasarkan prakiraan cuaca harian BMKG, pada malam hari ini berpotensi hujan ringan di wilayah Kota Bitung dan Ondong Siau (Kabupaten Kepulauan Sitaro).

Sementara berpotensi hujan sedang-lebat di wilayah Kota Manado, Tomohon, Kotamobagu, Airmadidi (Kabupaten Minahasa Utara), Tondano (Kabupaten Minahasa), Amurang (Kabupaten Minahasa Selatan), dan Ratahan (Kabupaten Minahasa Tenggara).

Begitupun dengan wilayah Lolak (Kabupaten Bolaang Mongondow), Boroko (Kabupaten Bolaang Mongondow Utara), Molibagu (Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan), dan Tutuyan (Kabupaten Bolaang Mongondow Timur).

"Cuaca pada dini hari nanti berpeluang hujan ringan di wilayah Manado, Bitung. Tomohon, Tondano, Airmadidi, Amurang, Ratahan, Boroko, Molibagu dan Lolak," jelasnya.

Suhu udara berkisar antara 18¿33 derajat selsius dengan kelembaban 55¿ 95 persen dengan kecepatan angin yang bertiup dari arah barat 10.30 kilometer per jam," jelasnya.

Pewarta: Karel A Polakitan

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018