Liverpool (Antaranews Gorontalo) - Manchester City menundukkan Liverpool 5-0 pada September 2017, setelah itu the Reds membalas dengan menang 4-3 di Anfield pada Januari 2018. Kini kedua tim asal Liga Inggris saling berhadapan untuk bertarung di kompetisi elite Eropa, Liga Champions.

Liverpool siap menjamu Manchester City dalam laga leg pertama perempat final Liga Champions musim 2017/2018 di Stadion Anfield, Liverpool, pada Rabu waktu setempat, atau Kamis dini hari, pukul 01:45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh SCTV/beIN Sports 1.

Pada 10 April 2018, Manchester City akan menjamu Liverpool di Etihad Stadium. Terang benderang bahwa kedua tim siap menyajikan penampilan jual beli serangan yang menguji ketangguhan lini pertahanan masing-masing tim.

Kedua tim sama-sama belum pernah bersua di ajang kompetisi UEFA. City menderita lima kekalahan dari delapan laga melawan Liverpool.

Manajer Liverpool membulatkan tekad dengan berseru lantang, "Kami siap menciptakan sejarah baru."

Baik Liverpool maupun Manchester City sama-sama mengusung predikat brilyan dalam mendemonstrasikan sepak bola menyerang. Dan the Reds mendokumentasikan lini pertahanan sedikit lebih kokoh dibandingkan dengan City, sebagaimana terihat ketika menundukkan City 4-3.

Hanya saja, Klopp perlu lebih bekerja keras membenahi lini pertahanan sebagaimana saat tim asuhannya kalah 1-2 melawan Crystal Palace. Jelas bahwa Liverpool belum memiliki formasi pertahanan yang konstan.

Tentunya, manchester City tidak akan mengendorkan gedoran ke pertahanan Livepool meski Sergio Aguero masih dibekap cedera.

Komentar manajer:

* Juergen Klopp (Liverpool):

"Kami ingin melesat semampu kami dalam kompetisi ini, meski kami harus melawan salah satu tim terbaik di dunia. Kepercayaan diri City kini demikian membuncah (utamanya di Liga Inggris)."

"Kami tetap bertekad memanfaatkan setiap peluang. Saya menyukai tugas-tugas sarat tantangan. Bagi manajer, tugas sarat tantangan sungguh menarik. Dengan begitu, tampak apakah manajer telah menyiapkan anak asuhannya dengan baik atau tidak."

"Pertandingan ini sungguh merupakan kesempatan besar dan kami bertekad meraih kemenangan dengan kesungguhan."

* Josep Guardiola (Manchester City):
"Setiap orang berbicara mengenai seberapan tangguhkan Liverpool. Yang patut diingat, mereka tampil sebanding dengan Barcelona, Bayern atau Sevilla."

"Di babak kuarter-final ini, anda harus berharap bahwa lawan tampil sebagai salah satu tim terkuat di dunia. Untuk itu, kami siap menghadapi Liverpool dengan penampilan terbaik."

"Tentu saja, kami akan berusaha menghentikan dan menghalau mereka. Hemat saya, tim terbaiklah yang akan menang. Hal itu sudah kami tunjukkan dan lakukan di seluruh musim lalu."

Prakiraan susunan pemain:

* Liverpool: (4-3-3)

Karius (penjaga gawang); Alexander-Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson; Milner, Henderson, Oxlade-Chamberlain; Salah, Firmino, Mané
Absen: Matip (cedera bahu), Gomez (cedera engkel), Lallana (cedera hamstring), Klavan (cedera lutut), Woodburn (cedera lutut), Brewster (cedera lutut)
Diragukan tampil: Can (cedera bahu)

* Manchester City (4-3-3):
Ederson (penjaga gawang); Walker, Otamendi, Kompany, Laporte; De Bruyne, Fernandinho, D Silva; Sterling, Jesus, Sané
Absen: Mendy (cedera lutut), Agüero (cedera lutut)
Diragukan tampil: Stones

Data dan fakta:

Liverpool:

* Adam Lallana menderita cedera hamstring ketika melawan Crystal Palace dalam laga pekan lalu. Ia tidak akan turun dalam pertandingan melawan Manchester City, sementara Emre Can diragukan tampil karena masih bergelut dengan cedera bahu.
* Nathaniel Clyne memang tidak diturunkan selama musim ini, hanya saja namanya tercantum ketika melawan Palace.
* Joel Matip bakal absen dalam musim ini. Artinya, Dejan Lovren siap bermitra dengan Virgil van Dijk di lini pertahanan.
* Alberto Moreno dan Jordan Henderson akan absen dalam satu laga ke depan jika menerima kartu dari wasit dalam pertandingan ini.

Manchester City:
* Aymeric Laporte masih menjalani penyembuhan dari cedera kaki ketika City menang 3-1 melawan Everton pada Sabtu pekan lalu. Ia siap tampil sesegera mungkin dalam pekan ini juga.
* Pep Guardiola mengonfirmasikan bahwa Sergio Aguero bakal absen dalam laga melawan Liverpool pekan ini. Ini artinya, Gabriel Jesus akan menjadi komandan di lini depan City ketika laga dihelat di Anfield.
* Danilo, Ilkay Gundogan dan Fernandinho akan absen satu laga ke depan bila menerima kartu kuning dari wasit dalam pertarungan di Anfield pekan ini.

Prediksi Man of the Match (Whoscored):
1.Mohamed Salah (39,47 persen)
2.Raheem Sterling (26,32 persen)
3.Kevin De Bruyne (15,79 persen)
4.Roberto Firmino (7,89 persen)
5.Sadio Mané (5,26 persen)

Prediksi laga:
* Liverpool hanya memetik sekali kalah dari 23 laga kandang di musim ini.
* Pasukan asuhan Klopp mampu menundukkan City dengan 4-3 di Anfield pada Januari 2018. Kemenangan ini memotivasi pasukan Liverpool untuk kembali mengalahkan The Citizens.
* Pep Guardiola punya catatan kurang meyakinkan ketika melawan tim yang diasuh Klopp. Ia menelan enam kekalahan manakala melawan tim yang dibesut manajer asal Jerman itu.
* Liverpool mampu membukukan clean sheets dalam tiga laga kandang. Mereka berpeluang besar untuk memperpanjang capaian itu manakala melawan City, dengan dukungan penuh fans tuan rumah.
* Kedua tim besar kemungkinan tidak tampil dengan skema bertahan. Kedua tim sama-sama lebih afdhol dengan sepak bola menyerang. Jual beli serangan bakal siap disajikan kedua tim.

Prediksi hasil laga:
* Liverpool: 2
* Manchester City: 1

Pewarta: AA Ariwibowo

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018