Sukabumi, (Antara News) - Penerima sertifikat tanah gratis memuji Presiden RI Joko Widodo yang telah membantunya untuk mendapatkan bukti surat legalitas kepemilikan tanah dan rumahnya.

"Saya tidak tahu harus mengucapkan apa kepada Pak Presiden yang telah membantu saya untuk mendapat sertifikat gratis ini melalui progamnya," kata Rahmah (58) warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang mendapatkan sertifikat gratis di Sukabumi, Sabtu.

Menurutnya, dirinya sangat terbantu dengan progam yang diluncurkan orang nomor satu di Indonesia tersebut. Karena jika membuat sendiri pastinya akan lama dan mengeluarkan uang yang tidak sedikit sekitar satu juta rupiah lebih.

Namun melalui progam tersebut ia, tidak mengeluarkan uang serupiah pun dan prosesnya cepat. Maka dari itu, ia pun terkejut saat mendapatkan undangan untuk menghadiri penyerahan sertifikat gratis oleh Presiden RI Jokowi di Lapang Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Sabtu, (7/4).

"Sekarang saya merasa tenang setelah punya sertifikat ini, selain rumah dan tanahnya aman dari sengketa tentunya bisa dimanfaatkan untuk pinjaman modal usaha. Tetapi tidak akan saya jual karena untuk diwariskan hingga ke anak cucu," tambahnya.

Senada dengan Rahmah, Isyam Samsudin yang juga merupakan warga KBB penerima sertifikat gratis. Ia menyebutkan selama puluhan tahun, tanah miliknya belum pernah bersertifikat.

Dirinya yang merupakan warga Kampung Salakopi, Desa Cihampelas, KBB ini awalnya mencoba membuat sertifikat tanah dan rumahnya yang saat itu masih dalam bentuk blanko. Namun sayangnya tidak pernah selesai-selesai.

Tapi pada April 2017 ia mendapatkan informasi tentang adanya progam dari Presiden RI Jokowi terkait pembuatan sertifikat gratis yang kemudian mendaftarnya ke Badan Pertanahan Nasional setempat.

Dan dirinya berucap syukur setelah mendapatkan undangan untuk menghadiri penyerahan sertifikat di Sukabumi.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pak Presiden Jokowi yang telah memperjuangkan tanah milik rakyat ini agar mempunyai legalitas melalui progam yang berpihak kepada rakyat
ini," katanya.

Rencanaya Presiden Jokowi pada Sabtu, (7/4) akan menyerahkan 3 ribu lebih sertifikat tanah dan rumah gratis kepada warga dari Sukabumi, KBB, Cianjur dan lain-lain di Lapang Sekarwangi, Kabupaten Sukabumi.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018