Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Berdasarkan data yang masuk ke portal KPU, pemasukan data C1 di Kota Gorontalo merupakan yang terendah.

Data tersebut dalam bentuk hasil pindaian atau scan formulir C1 yang dikirim ke portal dan bisa dilihat langsung oleh masyarakat melalui pemilu2014.kpu.go.id/index.php.

Hingga Jumat (11/4) pukul 16.25 WITA, data dari Kabupaten Pohuwato yang masuk sudah 49.06 persen, Boalemo 38,61 persen, Gorontalo Utara 24,91 persen, Bone Bolango 38,61 persen, Kabupaten Gorontalo 11,26 persen dan Kota Gorontalo 3,4 persen.

"Padahal akses internet di Kota Gorontalo bagus dan kondisi medannya tidak ada yang berat, tapi kenapa justru pemasukan datanya lambat? ," ungkap anggota KPU Provinsi Gorontalo Verrianto Madjowa di Gorontalo.

Kondisi tersebut, kata dia, berbanding terbalik dengan kondisi di Pohuwato yang berada di ujung Barat Gorontalo, serta Gorontalo Utara yang sebagian TPSnya diterpa angin kencang.

"Di Isimu Utara Kabupaten Gorontalo ada TPS yang terganggu akibat angin kencang, tapi datanya sudah masuk dari Kami kemarin. Kami berharap seluruh penyelenggara di Kota Gorontalo memperhatikan hal ini," ujarnya.

Ia menjelaskan dalam pasal 57 Peraturan KPU Nomor 05 Tahun 2014, KPPS menyampaikan salinan formulir model C1 serta lampirannya kepada KPU melalui PPK.

KPU kabupaten dan kota kemudian merekam salinan formulir model C1 serta lampiran, untuk diumumkan di website KPU masing-masing.

Sementara itu Anggota KPU Kota Gorontalo La Aba mengaku tak ada kendala berarti dalam proses pemasukan data tersebut.

"Data hasil scan saat ini sementara diproses, kemungkinan sebagian besar data akan diunggah hari ini," imbuhnya.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014