Barcelona, (Antara/Reuters) - Pelatih Barcelona Ernesto Valverde optimistis akan merayakan mahkota gelar liga Spanyol ke-25 mereka, saat dijamu Deportivo La Coruna pada Minggu.

Barca memerlukan hasil imbang saat melawan tim asuhan Clarence Seedorf untuk mengunci gelar dan trofi bahkan dapat menjadi milik mereka sebelum sepak mula, jika Real Madrid gagal mengalahkan Leganes pada Sabtu, dan Atletico Madrid tidak mampu menang di markas Alaves empat jam sebelum pertandingan Barca dimulai.

Tim Katalan itu telah memimpin sejak awal musim, memuncaki klasemen pada pekan kedua, dan tidak satu tim pun mampu mengganggu mereka meraih gelar ketika mereka terlihat telah memenanginya sejak mengalahkan Real Madrid dengan skor 3-0 pada 23 Desember, untuk unggul 14 poin atas rival abadinya sekaligus unggul sembilan poin atas Atletico.

Hasil-hasil imbang yang didapatkan Barca saat melawan Getafe dan Espanyol sempat memberikan sedikit harapan bagi Atletico untuk mengejar pasukan Valverde, ketika mereka mampu memangkas jarak menjadi lima poin menjelang pertemuan antara dua tim pemuncak klasemen pada Maret, namun tendangan bebas dari Lionel Messi membawa Barca menang 1-0 untuk membawa mereka unggul delapan poin.

Mereka tidak pernah menoleh ke belakang dan masih tidak terkalahkan di liga, hanya terpaut lima pertandingan dari menjadi tim pertama sejak Real Madrid pada 1932 yang mampu menyelesaikan musim Liga Spanyol tanpa satu kekalahan pun dan menjadi satu-satunya tim yang mampu melakukannya sejak liga diperbesar untuk menambahi lebih dari sepuluh tim.

Raihan gelar juga akan melengkapi "double" ketujuh klub setelah mereka menghancurkan Sevilla dengan skor 5-0 pada final Piala Raja pada Sabtu, kemenangan dominan yang sedikit menghapus luka mereka setelah secara mengejutkan disingkirkan AS Roma dari Liga Champions.  
   
Ketika Barca mempersiapkan diri untuk merayakan gelar di Riazor, Deportivo mungkin merasa seperti berada di pemakaman ketika klub Galicia itu akan kembali terdegradasi ke divisi kedua Spanyol untuk pertama kalinya sejak 2014, jika mereka tidak mampu mengalahkan Barca dan Levante menang di markas Sevilla pada Jumat.

Pewarta: -

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018