Gorontalo, (Antara News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan lima nama komisioner pemilu di Provinsi Gorontalo periode 2018-2023, setelah melalui seleksi ketat tingkat daerah hingga dilakukan uji kelayakan dan kepatutan di pusat.

Anggota KPU Provinsi Gorontalo Verrianto Madjowa mengakui hal itu setelah Surat Keputusan KPU RI nomor 371/PP.06-Kpt/05/KPU/V/2018 tertanggal 21 Mei 2018, telah diterimanya bersamaan dengan penetapan KPU di 16 provinsi, salah satunya yaitu Gorontalo untuk periode 2018-2023.

Lima anggota KPU Provinsi Gorontalo yang lolos semua tahapan penjaringan yaitu Fadliyanto Koem, Sophian Rahmola, Hendrik Imran, Ramli Ondang Djau, dan Selvi Katili.

Verrianto yang membidangi divisi perencanaan dan data KPU Provinsi Gorontalo menjelaskan bahwa untuk pelantikan nanti akan dilaksanakan di KPU RI, namun untuk tanggal masih menunggu jadwal dari KPU RI.

"Kepada rekan-rekan anggota KPU yang baru, selamat menjalankan tugas," kata Verrianto Madjowa, yang sudah 10 tahun menjabat di KPU Provinsi Gorontalo, dan pada tanggal 24 Mei mendatang akan berakhir masa jabatannya.

Ia menjelaskan sebagian besar dari mereka yang terpilih adalah orang-orang yang saat ini masih menjabat di KPU kabupaten/kota. Fadliyanto Koem dan Sophian Rahmola mereka saat ini masih menjabat sebagai komisioner KPU di Kabupaten Gorontalo Utara.

Selain itu ada Hendrik Imran yang saat ini masih menjabat sebagai ketua KPU di Kabupaten Gorontalo, dan Selvi Katili adalah petahana anggota KPU Provinsi Gorontalo yang kembali terpilih pada periode 2018-2023.

"Segeralah menyesuaikan, sebab tahapan, program Pemilu 2019 sementara berjalan," ujar Verrianto.

Sementara itu Sophian Rahmola ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa, meskipun sudah 10 tahun menjabat di KPU Kabupaten Gorontalo Utara, pihaknya yang saat ini membidangi Divisi Perencanaan dan Data masih membutuhkan bimbingan serta pengalaman dari komisioner sebelumnya.

"Kebetulan divisi yang saya emban saat ini, sama dengan divisi pak Verrianto Madjowa, sehingga pengalaman dan progres pelaksanaan tahapan Pemilu 2019 khususnya menyangkut data pemilih, beliau yang lebih mengetahui saat ini," ujar Sophian Rahmola.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018