Manado, (Antara News) - Prof DR Ellen Kumaat, kembali terpilih sebagai Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, setelah meraih 73 suara dari 115 anggota yang ikut dalam pemilihan, Kamis.

"Ellen Kumaat kembali menjadi rektor setelah menyingkirkan dua kandidat lainnya, Prof Telly Sumbu dan Prof Dody Sumajouw dalam pemilihan rektor  di kantor pusat Unsrat," kata Ketua Senat Unsrat, Prof Janny Kusen di Manado.

Kusen mengatakan, secara rinci Ellen Kumaat, berhasil meraih 73 suara, Tellu Sumbu 24 suara dan Dody Sumajouw sebanyak 14 suara, sedangkan satu suara rusak, satu abstein dan dua abstein meskipun hadir.

Pilrek Unsrat dihadiri Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Ali Ghufron Mukti.  
    
Menurutnya dalam pemilihan yang berlangsung dalam suasana yang demokratis tersebut, akhirnya Kumaat mengungguli dua kandidat lainnya, dan kembali terpilih untuk menjadi rektor univertas ternama di Sulawesi Utara itu.

Kumaat adalah calon petahana dan menjabat  Rektor Unsrat periode 2014-2018, dan ikut lagi dalam pemilihan untuk periode 2018-2022.

Pada masa kepemimpinannya, melakukan sejumlah terobosan antara lain sehingga bisa mengantarkan 15 program studi terakreditasi A oleh badan akreditasi nasional perguruan tinggi (BAN PT).

Sehari sebelum pemilihan, para calon menyampaikan visi dan misi di hadapan anggota senat dan Kamis menjadi waktu pelaksanaan pemilihan.

Kumaat yang terpilih menyampaikan terima kasih kepada para anggota senat Unsrat yang sudah mempercayakannya kembali memimpin Unsrat dan optimis akan terus mendorong menjadi lebih baik.

"Saya akan terus mendorong program studi untuk mencapai akreditasi international," katanya.

Pewarta: Joyce Bukarakombang

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018