Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo)  - Mantan ketua Tim Seleksi calon anggota KPU untuk empat kabupaten di Provinsi Gorontalo, Munkizul Umam Kau, menegaskan tidak pernah ada laporan dari masyarakat adanya salah seorang calon anggota KPU terpilih di Kabupaten Boalemo bermasalah. 

"Sejak dibukanya tanggapan atau masukan dari masyarakat terhadap calon KPU empat kabupaten di Gorontalo termasuk salah satunya di Boelamo, saat proses tahapan seleksi calon anggota KPU berlangsung bebebebe waktu silam, tidak ada masukan dari masyarakat," kata Munkizul, Kamis.

Ia menegaskan, selama tahap perekrutan calon komisioner KPU untuk empat kabupaten di Gorontalo, pihaknya sudah membuka diri memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan terhadap calon penyelenggara Pemilu.

Namun sampai dengan berakhirnya tahapan penerimaan masukan dan tanggapan dari masyarakat, dan berkahirnya masa kerja timsel, aduan itu tidak pernah diterima pihaknya.

"Kalau ada masukan dari masyarakat, tentu akan kami proses, seperti aduan masyarakat terhadap salah satu calon anggota KPU untuk Kabupaten Gorontalo," tegasnya.

Ia menambahkan, di Kabupaten Gorontalo ada salah satu calon yang dikeluhkan yang merupakan pengurus partai politik dan bahkan pernah menjadi calon anggota legislatif.

"Laporan itu kita proses, dan benar kami temukan bahwa aduan terhadap salah satu calon di Kabupaten Gorontalo benar, dan pernah menjadi calon legislatif, akhirnya kami putusakan untuk mencoret orang tersebut," urainya.

Namun untuk Kabupaten Boalemo, sama sekali tidak ada laporan akan salah seorang calon yang merupakan mantan pengurus partai.

Dalam aturan syarat untuk menjadi calon komisioner KPU, lanjut Munkizul, mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik paling singkat lima tahun, pada saat mendaftar sebagai calon.

"Dan mereka (calon) diberikan form untuk menandatangani bahwa tidak terlibat dengan partai politik," tegasnya.

Terhadap adanya laporan dari masyarakat terhadap salah satu calon KPU Boalemo yang telah ditetapkan oleh KPU RI sebagai komisioner terpilih, silahkan disampaikan ke lembaga KPU.

"Tugas kami sudah berakhir," tutupnya.

Berdasarkan data yang diperoleh, anggota KPU untuk empat kabupaten di Gorontalo yaitu, Kabupaten Boalemo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Pohuwato akan segera dilantik dalam waktu dekat.
 

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018