Saransk (Antaranews Gorontalo) - Tunisia akan menurunkan penjaga gawang ketiga dalam laga melawan Panama. Laga ini tidak akan mempengaruhi laju kedua tim karena mereka dipastikan gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Panama siap meladeni Tunisia dalam laga Grup G Piala Dunia 2018 yang diadakan di Mordovia Arena, Saransk, pada Kamis waktu setempat, atau Jumat dini hari, pukul 01.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh Trans TV.

Di kubu Tunisia, Mouez Hassen menderita cedera bahu ketika membela negaranya melawan Inggris dalam laga pertama, sementara Farouk Ben Mustapha, yang bermain ketika melawan Belgia, mengalami cedera lutut saat menjalani sesi latihan. Yang tersisa, di posisi penjaga gawang, tinggal Aymen Mathlouthi.

Panama siap melakukan perubahan setelah dihajar 1-6 oleh Inggris pada laga Minggu, sementara Michael Murillo dan Armando Cooper masih menjalani suspensi.

Tunisia juga tidak akan diperkuat bek tengah Dylan Bronn yang belum pulih benar dari cedera lutut setelah negaranya kalah 2-5 dari Belgia dalam pertandingan pada Sabtu.

Panama kemasukan banyak gol dalam turnamen ini karena kalah 0-3 dari Belgia menyusul kekalahan yang cukup besar dari Inggris. Felipe Baloy membuat sejarah karena ia menjadi pemain Panama pertama yang mampu mencetak gol di Piala Dunia.

Tunisia kurang beruntung lantaran kemasukan gol yang dicetak Harry Kane di menit terakhir. Inggris akhirnya menang 2-1 atas Tunisia dalam laga pembuka.   
 
Tunisia kini berada di peringkat ke-21 dunia, sementara Panama di peringkat 55.

Pelatih Panama Hernan Dario Gomez mengatakan negaranya perlu lebih banyak dan lebih keras menarik pelajaran dari turnamen ini agar menjadi landasan bagi kemajuan di masa depan, sebagaimana dikutip dari laman BBC.

Ia mengatakan, "Saya benar-benar menikmati jalannya pertandingan di Piala Dunia ini. Saya sangat, sangat, senang berada di sini. Hanya saja kami sudah tersingkir di turnamen ini."

"Kami membuat sejaranh. Kami akan menarik banyak pelajaran. Kami meninggalkan kenangan bermakna bagi Panama di masa depan," katanya. "Sungguh berarti dapat berada dan berlaga di Piala Dunia. Ini merupakan salah satu hal yang membanggakan dalam perjalanan karir."

Pelatih Tunisia Nabil Maaloul mengatakan para pemain sepak bola Arab dituntut lebih mencapai prestasi yang tinggi. Ini merujuk kepada fakta bahwa Maroko, Arab Saudi dan Mesir telah tersingkir dari perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Maaloul mengatakan, "Kami memerlukan dua generasi untuk dapat mencapai (puncak) penampilan, dengan kesiapan yang mencakup kebugaran dan kekuatan fisik yang memadai. Kami jauh dari tuntutan itu."   

Kapten Tunisia Wahbi Khazri menyebut bahwa ada jurang perbedaan antara tim asal Eropa dan Arab. "Tingkatnya semakin tinggi, perbedaanya demikian lebar. Ini terlihat dari sejumlah pertandingan."

Anatomi Panama vs Tunisia:

Head-to-head:

* Ini menjadi pertemuan pertama antara Panama dan Tunisia.

Panama:
* Panama kebobolan sembilan gol dari 13 tembakan tepat sasaran di Piala Dunia.
* Dalam pertandingan melawan Inggris, pemain Panama Felipe Baloy menjadi pemain pertama yang menciptakan gol bagi negaranya. Usianya mencapai 37 tahun dan 120 hari.

Tunisia:
* Tunisia tidak pernah menang dalam 13 pertandingan di Piala Dunia (empat kali imbang, sembilan kali kalah). Kemenangan pertama ketika melawan Meksiki di Piala Dunia 1978.
* Tunisia kebobolan tujuh gol di Piala Dunia.
* Tunisia mengukir kemenangan pertama di Piala Dunia ketika melawan Meksiko 3-1 di Piala Dunia 1978.
* Tunisia melepaskan 12 tembakan tepat sasaran ketika dikalahkan 2-5 oleh Belgia.
 
Data dan fakta:

Panama:

* Michael Murillo dan Armando Cooper terancam terkena suspensi ketika melakoni laga melawan Tunisia.
* Felipe Baloy dan Ricardo Avila, yang berperan bagi negaranya dengan mencetak gol di ajang Piala Dunua, diharapkan turun bertanding melawan Tunisia.

Tunisia:
* Syam Ben Youssef dan Dylan Bronn bersama dengan Mouez Hassen siap dimainkan.
* Hamdi Nagguez dan Yohan Benalouane diharapkan turun menempati posisi bek kanan, dan bek tengah.
* Naim Sliti diharapkan turun bertanding menempati sayap kiri.

Prakiraan susunan pemain:

* Panama (4-3-3):

Jaime Penedo (penjaga gawang) ; Roman Torres, Fidel Escobar, Adolfo Machado, Luis Ovalle; Gabriel Gomez, Ricardo Avila, Anibal Godoy, Edgar Barcenas, Jose Luis Rodriguez; Gabriel Torres.

* Tunisia (4-3-3):
Mustapha (penjaga gawang), Maâloul, Meriah, Benalouane, Nagguez, Sassi, Skhiri, Khaoui, Sliti, Khazri, Youssef
    
Prediksi Man of the Match (Whoscored):
1.Wahbi Khazri (66,67 persen)
2.Syam Ben Youssef (33,33 persen)

Prediksi jalanya laga:
 * Panama bakal tampil ngotot melawan Tunisia, bahkan berharap menang sebagai catatan sejarah di Piala Dunia bagi negaranya.
* Panama bakal mengubah susunan pemain dan siap turun dengan skema 4-1-4-1, lantaran Armando Cooper dan Michael Murillo terkena suspensi.
* Panama siap tampil menyerang sembari melapis pertahanan untuk membandung arus serangan Tunisia.
* Setelah menderita dua kekalahan dari Inggris dan Belgia, Tunisia berusaha bangkit dengan bersiap tampil penuh percaya diri dengan dukungan penuh fans.
* Tunisia tidak akan diperkuat oleh tiga pemain karena mereka mengalami cedera. Ketiga pemain itu adalah Mouez Hassen, Dylan Bronn, dan Syam Ben Youssef.

Prediksi hasil laga:
* Panama: 2
* Tunisia: 1

Pewarta: AA Ariwibowo

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018