Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Menjelang tahun ajaran baru, jasa sol sepatu atau perbaikan sepatu di sepanjang kaki lima kompleks pasar Sentral Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, lancar dikunjungi warga dan raup keuntungan.

Salah satu tukang sol sepatu, Afandi Igirisa, mengaku mendapatkan untung lebih saat tahun ajaran baru tiba, karena akan banyak orang baik siswa maupun para guru yang datang untuk menggunakan jasa sol atau perbaikan sepatu miliknya.

"Untung yang bisa saya dapatkan bisa mencapai Rp300 ribu hingga Rp350 ribu/harinya," jelas dia, Sabtu.

Untuk tarif setiap sepatu dibanderolnya dengan harga yang bervariasi sesuai dengan benang apa yang akan digunakan serta bahan dari sepatu tersebut.

"Saat tahun ajaran baru tiba biasanya saya bisa mendapatkan permintaan sol atapun perbaikan mulai dari 8 hingga 10 sepatu setiap harinya," katanya.

Harga untuk sepatu sekolah yang menggunakan benang nilon Rp20 ribu/pasang sepatu, sementara untuk sepatu yang disol menggunakan benang pelo harganya Rp30 ribu/pasang sepatunya.

"Selain, sepatu sekolah saat tahun ajaran baru seperti ini banyak juga para guru ataupun orang kantor yang menggunakan jasa sol sepatu milik saya, tarifnya memang berbeda yaitu Rp25 ribu hingga Rp30 ribu setiap pasang sepatu," tambah Didi, tukang sol sepatu lainnya.

Sementara salah seorang yang memanfaatkan jasa sol sepatu itu, Yunita, mengakui menggynakan jasa itu karena banyak sepatu sekolah dari anak-anak masih layak pakai, hanya tinggal merapikan kondisinya.

"Sepatu anak saya tidak rusak signifikan, hanya lem yang terbuka. Jadi saya minta untuk dilem dan dijahit saja, supaya lebih tahan lama," jelasnya.
 

Pewarta: -

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018