Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo yang berjumlah 137 orang menjalani manasik haji di Gedung KBIH Al-Harmain, Desa Tanggilingo Kecamatan Kabila, Minggu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bone Bolango Ishak Ntoma di Gorontalo mengatakan, kegiatan bimbingan manasik haji mandiri salah satu upaya pemerintah daerah dalam rangka untuk memantapkan niat para JCH untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

Ishak Ntoma yang juga ditunjuk sebagai Tim pemandu Haji Daerah (TPHD) Kabupaten Bone Bolango pada musim haji 1439 H itu, berharap seluruh JCH bisa melaksanakan seluruh rukun dan wajib haji.

"Dengan demikian, diharapkan seluruh proses ibadah haji yang akan ditunaikan nanti bisa berjalan lancar, aman, dan paling utama adalah diridhoi Allah SWT," ucapnya.

Menurutnya, ibadah haji adalah ibadah fisik maupun ibadah yang membutuhkan kekuatan fisik. Oleh karena itu, Ishak Ntoma sangat mengharapkan kepada seluruh JCH untuk bersama-sama dan senantiasa menjaga kesehatan, karena kesehatan yang paling utama dalam proses ibadah haji.

"Semoga kegiatan ini akan semakin mempermantap niat, tekad, dan harapan kita untuk dapat melaksanakan ibadah haji dengan sempurna dan Insya Allah kita semua bisa melaksanakannya dan mendapatkan haji mabrur saat kembali ke tanah air," kata dia.

Disisi lain, kata Ishak Ntoma, Bupati Bone Bolango Hamim Pou menitip doa ketika JCH sudah mulai melakukan proses ibadah haji, kiranya bisa mendoakan Provinsi Gorontalo dan khususnya daerah tersebut agar seluruh masyarakatnya senantisa dalam lindungan Allah SWT.

"Pemerintahannya selalu diridhoi, petaninya makmur, tanamannya subur, dan masyarakatnya bersyukur kepada Allah SWT," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala bagian Kesra Setda Bone Bolango, Muh. Iryanto Datau menjelaskan, tujuan dilaksanakannya kegiatan bimbingan manasik haji mandiri itu adalah memfasilitasi JCH yang berkaitan dengan pembimbingan jamaah melalui kerjasama dengan pihak-pihak terkait.

Selain itu, untuk mempermantap pemahaman dan penguasaan jamaah terhadap materi manasik baik secara teoritis maupun praktis, sehingga diharapkan menjadi jamaah haji mandiri. Selanjutnya, memperkokoh tali silaturrahmi antara pemerintah daerah dengan masyarakat.

Muh. Iryanto Datau menyebutkan, jumlah JCH Bonebol sebanyak 137 orang ditambah dengan satu orang Tim Pemandu Haji Daerah, yakni Sekda Ishak Ntoma. Menurutnya, JCH tersebut dibagi dalam dua kelompok terbang (Kloter), yakni Kloter 25 dan Kloter 29.

"Kloter 25 berjumlah 102 orang dan akan masuk Mess Haji Gorontalo pada tanggal 5 Agustus 2018 dan berangkat ke tanah suci pada tanggal 6 Agustus 2018, dan Kloter 29 berjumlah 35 orang masuk Mess Haji Gorontalo tanggal 8 Agustus 2018," pungkasnya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018