Pamekasan, (Antara news) - Ketua Umum Poros Pemuda Indonesia (PPI) Muhlis Ali menilai, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD merupakan sosok ideal apabila bisa mendampingi Presiden RI Joko Widodo yang akan mencalonkan lagi pada Pemilu 2019.

"Ada beberapa hal yang menjadi dasar pemikiran mengapa kami dari PPI menganggap Mahfud MD ideal mendampingi Jokowi pada Pemilu 2019," ujar Muhlis Ali.

Dalam rilis yang disampaikan kepada Antara di Pamekasan, Rabu, Muhlis Ali menjelaskan, beberapa hal yang menjadi pertimbangan, antara lain pertama, dari segi kapabilitas tidak ada yang meragukan kemampuan Mahfud MD.

Ia merupakan sosok yang komplit, cendikiawan, sekaligus politikus, karena pernah menjadi pengurus partai. Ia juga memiliki pengalaman tentang tata kelola pemerintahan karena merupakan mantan menteri, dan juga merupakan ilmuan matang dan pernah menjabat Presidium Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) sekaligus ahli dalam tata negara.

"Selain itu, Mahfud merupakan tokoh loyalis Gusdur yang tersisa hingga saat ini," katanya.

Kedua, dari segi akseptabilitas, Mahfud relatif diterima semua kalangan baik Islam maupun nasionalis. Ia juga sangat bersahaja yang membuat pria kelahiran asal Pulau Madura tersebut memiliki pergaulan luas.

"Dalam konteks ini, saya kira pas dengan suasana kebatinan ke-Indonesia-an seperti sekarang ini," ujarnya.

Ketiga, Mahfud MD juga sebanding dalam hal style yang berpenampilan sederhana dan cocok dengan Jokowi. Sama-sama sederhana, apa adanya, dan merakyat.

Meski merupakan mantan orang penting di era Gusdur, yakni pernah menjabat sebagai Menhan, kehidupan Mahfud jauh dari kesan glamor. "Sangat pas dengan Pak Jokowi," katanya.

Keempat, dari segi elektabilitas nama Mahfud mulai mencuat padahal belum beriklan dan berkampanye seperti beberapa tokoh lainnya.

Dengan demikian, sambung mantan Ketua Pengurus Besar HMI asal asal Bangkalan ini, Mahfud gampang dimodifikasi karena adaptasi publik yang cukup luas.

Kelima, cawapres dari kalangan profesional seperti Mahfud merupakan solusi "win win solution" di tengah kebuntuan parpol memilih cawapres. Jika Mahfud yang dipilih Jokowi kecemburuan di internal parpol bisa dihindari.

Mantan Ketua MK Mahfud MD merupakan salah satu tokoh yang mulai diperbincangkan banyak kalangan sebagai tokoh yang layak mendampingi Jokowi untuk maju pada Pemilu 2019.

Tokoh nasional lainnya antara lain, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018