Gorontalo, (Antara News) - Sejumlah warga memberi apresiasi kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Bone Bolango, yang melakukan razia dan mengamankan sejumlah hewan yang dilepas pemiliknya.

"Hampir setiap hari banyak ternak sapi dan kambing dibiarkan bebas berkeliaran dan mengganggu pemandangan kota. Langkah merazia untuk memberi efek jera ke pemilik ternak itu sudah tepat," kata Nina, salah seorang warga setempat belum lama ini.

Ia menilai, pemilik ternak harusnya menaati semua aturan yang berlaku, dengan mengandangkan ternak atau melepas di area yang jauh dari kepentingan publik.

Senada disampaikan Irna, salah seorang ibu rumah tangga yang kecewa tanaman di pekarangan rumah rusak akibat bebas berkeliarannya ternak lepas.

"Kami sudah dengar ternak-ternak sudah diamankan, berarti kebersihan kota di Kabila dan Suwawa bisa indah dilihat," katanya.

Sebelumnya, pekan lalu Satpol-PP Kabupaten Bone Bolango telah melakukan razia terhadap hewan ternak yang dibiarkan lepas begitu saja oleh pemiliknya, khususnya di wilayah Kecamatan Kabila, guna menjaga ketertiban serta mencegah dampak buruk pengguna lalu lintas.

Kepala Dinas Satpol PP Sugondo Makmur mengatakan, razia hewan lepas terutama kambing ini, diawali dari Desa Dutohe hingga Kelurahan Pauwo Kecamatan Kabila, dan berhasil mengamankan sembilan ekor kambing yang dilepas secara liar oleh pemiliknya.

"Kita akan terus melakukan razia hewan lepas, khususnya yang berkeliaran di tempat-tempat umum. Untuk hewan yang kami amankan akan dijadikan barang bukti. Selanjutnya akan menunggu pemiliknya untuk mengambil langsung di Kantor Dinas Satpol PP. Namun ada ketentuan jika hewan hendak diambil," kata Sugondo.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018