Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Sebanyak 1.271 pelajar sekolah dasar (SD) mengikuti gerak jalan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 di Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Senin.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo mengatakan, melalui kegiatan itu pihaknya ingin terus mempertahankan nilai luhur Pancasila dan nasionalisme sejak dini.

"Kita terus berupaya mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui momentum HUT ke-73 Proklamasi Tahun 2018," ujarnya.

Pada gerak jalan yang diikuti oleh 64 regu tersebut Nelson mengatakan jika kegiatan itu merupakan penghargaan terhadap para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Gerak jalan ini juga menanamkan sikap disiplin kepada pelajar, satu komando dan tampil hebar, lebih sehat dan cerdas," ungkapnya.

Camat Limboto, Guntur Pakaya menambahkan, untuk memeriahkan hari proklamasi ke 73 pemerintah kecamatan limboto melaksanakan beberapa kegiatan olah raga dan kesenian yang tersebar di seluruh kelurahan.

"Selain untuk tingkat Sekolah Dasar, kita juga menggelar gerak jalan untuk SMP, SMA sederajat dan umum," ujarnya.

Disamping itu, Pemerintah Kecamatan Limboto melaksanakan penilaian kebersihan di lingkungan sekolah dan kelurahan yang dinamakan adipura kecamatan.

"Dari semua kegiatan untuk memeriahkan HUT Proklamasi ini, akan dibuatkan momentum malam resepsi kemerdekaan 17 Agustus tahun 2018," pungkasnya.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018