Gorontalo, (Antara News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo memiliki dua aplikasi berbasis telepon pintar dalam pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Aplikasi tersebut yaitu Aplikasi Gorontalo Sehat Gemilang (AGSG) yang bekerjasama dengan PT layanan Medik Indonesia dan pelayanan virtual "PAKDOK".

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan kedua aplikasi tersebut dijalankan untuk lebih mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Kalau PAKDOK pasien langsung bisa konsultasi dengan dokter sedangkan AGSGg ini manfaatnya selain merupakan perpanjangan pelayanan kesehatan dari Puskesmas, juga memberikan data kesehatan masyarakat disetiap wilayah," jelasnya belum lama ini.

Menurut Nelson, layanan tersebut akan diintegrasikan dengan layanan yang sudah ada sebelumnya, sebagai penambahan aplikasi melalui gawai dan berharap masyarakat agar cepat mengenal aplikasi itu agar dapat segera diluncurkan.

"Intinya sosialisasi dulu yang penting agar masyarakat tidak kaget. Untuk lebih mengenalkan pada masyarakat kami akan menyediakan fasilitas dan sarananya," kata dia, lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan setempat, Roni Sampir mengatakan AGSG adalah layanan konsultasi, rujukan dan pendaftaran sehingga tidak terjadi penumpukan di Puskesmas dan rumah sakit.

"Kalau Pakdok kerjasama dengan BPJS dan komunikasinya bersama Puskesmas, semua pesertanya gratis sementara Aplikasi Gorontalo Gemilang pembiyaannya secara mandiri," ujarnya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018