Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo)  - Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, di Gorontalo, Senin, mengimbau agar seluruh program inovasi di setiap desa, dimasukkan dalam anggaran pendapatan belanja desa (APBDesa).

"Inovasi desa terbaik, perlu dimasukkan dalam program APBDesa, untuk mendorong percepatan pembangunan ekonomi di desa," ujarnya saat menghadiri pembukaan penyelenggaraan bursa inovasi desa tingkat kabupaten itu yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa setempat.

Menurut bupati, program inovasi desa sangat penting diterapkan dan dikembangkan, untuk percepatan pembangunan di setiap desa.

Sebab desa merupakan wilayah terdepan dalam penyebaran informasi kepada masyarakat.

Selain itu, pertukaran tentang informasi inovasi desa penting dilakukan antara desa satu dengan lainnya, agar bisa memotivasi setiap desa dalam melaksanakan program pembangunan.

Bursa inovasi desa yang diinisiasi pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dinilai penting dilakukan sebagai upaya mewujudkan program pemerintah pusat.

Dia berharap, bursa inovasi desa ini digelar setiap tahun. "Perlu ada lompatan maju melalui beragam inovasi untuk membangun desa," ujarnya dan sumber dananya melalui dana desa.

Ia meyakini inovasi di setiap desa yang mengandalkan sumber daya alamnya akan berdampak pada pemanfaatan dana desa yang lebih terarah, terukur dan tepat sasaran.

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018