Jakarta, (Antara News) - Festival Film Internasional Tokyo (TIFF) 2018 mengumumkan beberapa film dari total 200 judul yang akan diputar di Roppongi Hills, EX Theater Roppongi, dan Hibiya Step Square Tokyo, 25 Oktober-3 November 2018.

Menurut keterangan tertulis TIFF, sebanyak 16 film terpilih untuk ditampilkan pada sesi kompetisi, dari 1.829 judul yang masuk dari 109 negara. Film asal Jepang "Another World dan Just Only Love" akan tampil pada sesi kompetisi itu.

Dalam konferensi pers di Toranomon Hills, Tokyo, Direktur Festival Takeo Hisamatsu mengatakan bahwa TIFF tahun ini menawarkan hal baru.

"Tahun lalu, saat pertama menjadi Direktur Festival, kami memperkenalkan visi festival baru, mengungkapkan komitmen kami untuk ekspansif, memberdayakan dan mencerahkan," kata Hisamatsu dalam keterangan tertulisnya.

"Tahun ini, saya ingin memperkuat visi ini dengan jajaran yang sangat beragam. Kami telah menambahkan Gala Screening sebagai sorotan di tengah festival," katanya.

Ia menambahkan, "Kami juga kembali mengadakan Festival Film tengah malam, dengan lima pemutaran, serta penampilan sepanjang malam yang akan sangat menyenangkan."

Ia juga menjelaskan bahwa TIFF tahun ini akan menampilkan "A Tribute to Comedy" dengan ragam genre, berkat kerjasama beberapa organisasi budaya.

"Kami juga akan memiliki Cinema Athletic 31, yang berfokus pada film-film olahraga dalam perjalanan menuju Olimpiade 2020 Tokyo," katanya, kemudian menambahkan daya tarik TIFF adalah mempertemukan pencinta dengan para pembuat film.

    Dibuka "A Star Is Born"

Konferensi pers yang menghadirkan aktris populer Jepang, Mayu Matsuoka, juga mengumumkan "A Star Is Born" -- debut sutradara Bradley Cooper serta penampilan pertama Lady Gaga -- akan menjadi sajian pembuka.

Sedangkan "GODZILLA: Planet Eater", yang disutradarai Kobun Shizuno dan Hiroyuki Seshita, sebagai sajian terakhir dalam trilogi "Godzilla".

Juga diumumkan bahwa Brillante Ma Mendoza (Filipina) -- Sutradara Terbaik di Festival Film Cannes -- akan menjadi Juri President bersama produser Bryan Burk (AS), aktris Taraneh Alidoosti (Iran), sutradara-produser Stanley Kwan (Hong Kong), dan aktris Kaho Minami (Jepang).

Sutradara terkenal Masaaki Yuasa yang fokus pada animasi akan muncul pada sesi khusus bersama tamu istimewa setelah pemutaran filmnya di TIFF.

Selama 10 hari, hampir 200 film akan diputar yang diselingi ragam acara berkaitan dengan sinema, termasuk panggung hiburan, tanya-jawab dan seminar dengan pembicara para tokoh dari seluruh dunia.

"TIFF adalah tempat yang sangat istimewa, di mana kita dapat belajar banyak tentang budaya lain, dan menghabiskan waktu bersama di tempat utama, Roppongi, yang memiliki suasana yang benar-benar meriah," pungkas Mayu Matsuoka yang menjadi duta TIFF 2018.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018