Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan adanya peluang hujan ringan akan melanda beberapa wilayah perairan di Sulawesi pada Sabtu (13/10).



Seperti di Teluk Tomini Selatan Gorontalo kemungkinan curah hujan ringan dengan kecepatan angin di perairan itu 6 hingga 15 knot/jam, serta gelombang laut hingga 50 centimeter.


"Memang gelombang yang diprediksikan hingga 50 cm, tetapi ada catatan BMKG maksimum gelombang bisa saja dua kali lebih tinggi," kata prakirawan Devalny Julinda Missy melalui pesan tertulis, Jumat.


Sementara wilayah lainnya dengan peluang hujan ringan seperti laut Sulawesi bagian barat dengan kecepatan angin hingga 10 knot/jam, laut Sulawesi bagian tengah kecepatan angin hingga 15 knot/jam serta tinggi gelombang sekitar 1 meter.


Kemudian wilayah kepulauan Talaud kecepatan angin berkisar hingga 8 knot/jam dan gelombang laut hingga 1 meter, sementara Kota manado dan Bitung kecepatan sekitar 6-15 knot/jam serta gelombang setinggi 75 centimeter.


BMKG mengeluarkan kondisi sinoptik bahwa pada umumnya di Indonesia bagian Utara, ekuator angin dari arah Timur Laut-Tenggara.


Di Indonesia bagian Selatan ekuator angin dari arah Timur-Selatan, dengan daerah tekanan rendah (1011 HPA) Utara Australia.


Staf BMKG Gorontalo Joutje Rottie mengingatkan imbauan ini bisa dimanfaatkan oleh para nelayan di perairan Gorontalo untuk melakukan kegiatannya setiap harinya, terutama kondisi gelombang dan sebagainya.


"Sejauh ini kondisi cuaca di Gorontalo sangat aman untuk nelayan," ujarnya singkat.

Pewarta: -

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018