Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo)  - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengingatkan warga untuk mewaspasai curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Kepala Seksi Pencegahan BPBD Gorontalo Utara, Yayan di Gorontalo, Sabtu, mengatakan, rilis peringatan dini terkait cuaca yang melanda daerah itu, disampaikan pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Gorontalo.

Terkait hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir, akan melanda sejumlah wilayah di Gorontalo, termasuk Gorontalo Utara, sejak pukul 12.30 WITA diperkirakan akan terjadi hingga pukul 14.00 WITA.

"Saat ini, beberapa wilayah seperti Kwandang, Tomilito hingga Monano, memang sedang dilanda hujan lebat dan angin kencang disertai petir," ujar Yayan.

Pihaknya telah meneruskan informasi tersebut melalui aplikasi media sosial yang terhubung dengan seluruh pemerintah kecamatan, agar bisa diteruskan untuk masyarakat dan dapat mewaspadainya.

Termasuk waspada dengan ancaman tanah longsor di beberapa wilayah, seperti Kecamatan Anggrek, Monano dan Sulamata Timur, serta sambaran petir yang dapat berpotensi merusak barang-barang elektronik.

Peringatan tersebut juga diharapkan menjadi perhatian bagi para nelayan, agar tidak nekad melaut saat curah hujan tinggi disertai angin kencang yang potensial melanda wilayah perairan itu.

Adi Chandra, salah satu penggiat usaha radio lokal di Kecamatan Kwandang mengaku, sambaran petir merusak sejumlah perangkat elektronik yang dimiliki.

Seperti perangkat pemancar, sejumlah komputer siaran dan air conditioner (AC) mengalami kerusakan.?

"Untuk sementara kami terpaksa tidak beroperasi, sebab seluruh perangkat mengalami kerusakan parah akibat tersambar petir," ujarnya.


 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018