Gorontalo, (Antara News) - Jajaran Korem 133/Nani Wartabone memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan menggelar upacara yang dipimpin Danrem Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw, Senin.

Danrem yang membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga mengatakan kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda, sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia, sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini.

Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia dengan mengambil tema "Bangun Pemuda Satukan Indonesia".

Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang  beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan  Republik Indonesia.

Menurutnya, pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam mengembangkan sumber daya serta daya saing.

Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari berita bohong atau Hoax, Hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk, dengan mudahnya apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara dengan demikian revolusi mental yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan Bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Pelaksanaan upacara hari sumpah pemuda yang dilaksanakan di Makorem 133/Nani Wartabone diikuti oleh seluruh perwira jajaran Korem dan Balak serta seluruh anggota Korem, Kodim 1304/Gorontalo, Kodim 1313/Pohuwato, Yonif 713/Satya Tama dan Balak Aju Korem 133/Nani Wartabone.

Pewarta: Antara

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018