Gorontalo, (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, akan menerapkan pelayanan di lingkungan pemerintahan berbasis teknologi informatika (IT).

"Rencananya tahun 2019, pemkab akan membangun sistem jaringan infrastruktur untuk mendukung pengembangan layanan pemerintahan berbasis IT, menggunakan aplikasi dan tersistem dari kabupaten hingga desa," ujar Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, di Gorontalo, Kamis.

Menurutnya, program itu sinergis dengan penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang disampaikan Presiden Joko Widodo.

Seluruh pejabat di daerah ini, kata bupati yang baru dilantik untuk periode 2018-2023 berpasangan dengan wakil bupati Thariq Modanggu, pelayanan pemerintahan harus berjalan cepat, akurat, murah dan ramah.

Maka seluruh aparaturnya harus "melek" teknologi agar dapat memberikan pelayanan dimana dan kapan saja atau "in where government".

Pemerintah daerah kata ia, harus mampu menembus ruang dan waktu agar bisa memanjakan masyarakat dengan pelayanan optimal dan terbaik.

Disposisi surat pun bisa dilakukan secara online, untuk mempercepat pelayanan kepada publik.

Ia berharap, pelayanan berbasis IT itu sudah berjalan optimal mulai tahun 2019, dengan penyiapan infrastruktur memadai.

Disamping kesiapan aparatur dalam penerapan layanan pemerintahan berbasis IT, mulai dari Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah, pejabat eselon hingga aparatur pemerintahan desa.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018