Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Generasi Baru Indonesia (GenBI) Gorontalo membangun 20 jamban sehat bagi masyarakat di obyek wisata bahari Desa Olele, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Sabtu.

Pembina GenBI Gorontalo One Yusril Fikar di Gorontalo mengatakan pembangunan jamban itu merupakan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

"Pada dasarnya kita melihat berdasarkan identifikasi dari GenBI bahwa salah satu masalah yang ada di Desa Olele adalah sanitasi masyarakat, dan kita melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango untuk pembangunan jamban," ujarnya.

Ia mengungkapkan, untuk pembangunan satu jamban, diperkirakan menggunakan anggaran sekitar Rp1,5 juta-Rp2 juta.

"Program ini baru pertama kali dilakukan di Desa Olele. Dan lokasi ini dipilih karena Olele merupakan salah satu ikon pariwisata di Gorontalo," ucapnya.

Menurut One, masyarakat, stakeholder dan pemerintah menjual Olele sebagai kawasan wisata, namun masih banyak yang perlu diperbaiki, salah satunya kesadaran terhadap kesehatan dan kebersihan melalui pembangunan jamban.

Pada kesempatan itu juga, GenBI bersama Dinas Kesehatan setempat melakukan sosialisasi mengenai pentingnya sanitasi dan edukasi dalam kegiatan "Bersih Indonesia bersama GenBI Gorontalo".

Melalui kegiatan tersebut, para anggota GenBI Gorontalo juga diharapkan mampu menjadi regenerasi yang berperan aktig di masyarakat, berprestasi, serta mejadi energi untuk negeri.

GenBI Gorontalo adalah mahasiswa penerima beasiswa dari Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo. Komunitas GenBI dibentuk sebagai sarana pengembangan kepemimpinan dan diharapkan dapat menjadi pemimpin dimasa depan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018