Gorontalo, (Antara News) - Korem 133/Nani Wartabone Gorontalo menggelar bimbingan teritorial (Binter) bagi prajurit di lingkungan makorem tersebut bersama Pasiter Kodim 1304/Gorontalo dan Kodim 1313/Pohuwato, guna menciptakan prajurit yang profesional dan proposional guna membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, Selasa (15/1).

Dengan kegiatan Binter yang dilakukan khusus prajurit satuan teritorial, dapat berdaya guna di lingkungan masyarakat pada umumnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kasrem 133/Nani Wartabone Letkol Inf Sapto Ariyanto dalam sambutannya mengatakan ucapan selamat datang kepada Ketua Tim Pusterad bersama rombongan di Makorem 133/Nani Wartabone dalam rangka memberikan kajian pembinaan Tehnis Sisrendal Binter Sdirbinsismet, dengan harapan apa yang akan disampaikan para peserta dapat mengerti dan memahami akan kajian Bimbingan Teknis tersebut.

"Juga memperkenalkan para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut tentang pentingnya profesional teritorial," katanya..

Sementara Ketua Tim Bimbingan Tehnis Sisrendal Binter Sdirbinsismet Kolonel Inf Very S yang membacakan sambutan Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) mengatakan latar belakang Pusterad melaksanakan Bimbingan Tehnis ke Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) jajaran TNI AD untuk menyiapkan satuan dan prajurit TNI AD agar memiliki kemampuan untuk melaksanakan Binter TNI AD secara profesional dan proporsional.

Yakni untuk kepentingan pertahanan negara di darat dan peningkatan kesejahteraan rakyat dalam membantu pemerintah daerah.

Dimana Pembinaan Binter merupakan fungsi utama dari TNI AD dalam Pengelolaan Potensi Nasional melalui Pembinaan Kemampuan Teritorial, Ketahanan Wilayah, Komunikasi Sosial dan Bakti TNI sehingga prajurit Satkowil harus memiliki kemampuan sikap teritorial, 5 kemampuan teritorial, Sisrendal Binter dan ketatalaksanaan binter.

Sisrendal Binter merupakan manajemen teritorial yang menyusun produk dasar dan produk operasional dalam perencanaan dan pengendalian pembinaan teritorial dengan baik, teratur dan terkoordinasi secara terpadu.

Sehingga berhasil guna dan berdaya guna demi kepentingan pertahanan dan kesejahteraan masyarakat, dengan demikian diharapkan dalam pelaksanaan bimbingan teknis ini manfaatkan waktu sebaik-baiknya guna menambah bekal pengetahuan baik untuk perorangan maupun satuan untuk kembali dapat disosialisasikan dan ditransformasikan kepada seluruh personel di satuan masing-masing.

Pewarta: Hence Paat

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019