Gorontalo, (Antara News) - Menteri Risek, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Muhamad Nasir, dijadwalkan berkunjung ke Provinsi Gorontalo pekan ini untuk meresmikan kampus baru Universitas Negeri Gorontalo (UNG) di Kabupaten Bone Bolango.

"Hari ini kami berkoordinasi dengan pak Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo terkait kunjungan Menristek Dikti yang akan meresmikan kampus baru," kata Panitia pelaksana peresmian kampus UNG Amir Halid, Senin.

Amir menjelaskan selain itu, Menristek juga diagendakan meresmikan beberapa perguruan tinggi di Provinsi Gorontalo, yaitu Universitas Nadhlatul Ulama Provinsi Gorontalo dan Universitas Pohuwato.

Wagub Gorontalo Idris Rahim meminta panitia pelaksana untuk menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kunjungan menteri.

Idris juga berharap pada kunjungannya tersebut Menristek Dikti sekaligus dapat menyerahkan Surat Keputusan pendirian Fakultas Kedokteran UNG.

"Persiapkan sebaik mungkin dan koordinasikan dengan beberapa universitas yang akan diresmikan. Semoga Fakultas Kedokteran UNG ada progres," tambahnya.

Fakultas Kedokteran UNG ditargetkan bisa mulai beroperasi dan menerima mahasiswa baru pada tahun 2019.

Menurutnya, Fakultas Kedokteran merupakan tuntutan kebutuhan yang sangat dinantikan oleh pemerintah dan masyarakat Provinsi Gorontalo.

Keberadaan Fakultas Kedokteran ini, lanjutnya, akan sangat mendukung visi Pemprov Gorontalo untuk mewujudkan masyarakat Gorontalo yang unggul, maju, dan sejahtera.

"Ini sejalan dengan dua dari delapan program unggulan Pemprov Gorontalo yaitu di bidang pendidikan dan kesehatan. Fakultas Kedokteran ini diharapkan akan mendorong peningkatan sumber daya manusia di sektor kesehatan, sekaligus juga menjadi penggerak perekonomian Gorontalo," ujarnya.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019