Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pasangan calon presiden/wakil presiden nomor urut satu yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menang telak dengan meraih 66,6 persen suara di Kabupaten Gorontalo Utara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara Fadlyanto Koem, Rabu, mengatakan, setelah tahapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten dilakukan, pihaknya langsung menggelar pleno terbuka penetapan.

Perolehan suara pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Prabowo Subianto-Hatta Radjasa di kabupaten ini, mencapai 40.269 suara sah.

Sedangkan capres-cawapres nomor urut dua, Joko Widodo-Jusuf Kalla, meraih suara sah sebanyak 20.161. Sehingga total suara sah pemilih di daerah ini sebanyak 60.430 suara.

Data rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di kabupaten ini, menunjukkan pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Prabowo-Hatta unggul di seluruh wilayah atau sebelas kecamatan yang

ada.

Tercatat raihan suara signifikan diperoleh di wilayah Kecamatan Kwandang yang ada di pusat ibu kota kabupaten, sebanyak 9.413 suara, atau unggul dari pasangan capres-cawapres nomor urut dua, Joko Widodo-Jusuf Kalla yang meraih 4.548 suara.

"Seluruh hasil perolehan suara ini sudah ditetapkan melalui rapat pleno terbuka, dihadiri saksi masing-masing pasangan capres-cawapres dan seluruh penyelenggara pemilu dari tingkat desa

hingga kabupaten," Ujar Fadlyanto.

Tahapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara hanya memakan waktu sekitar enam jam, mengingat tahapan yang sama dari tingkat desa hingga kecamatan sudah mampu dituntaskan.

Pihaknya memasukkan beberapa catatan penting pada berita acara, untuk catatan khusus sesuai permintaan saksi kedua pasangan capres-cawapres terkait kesalahan penulisan pada kolom akibat kurang

telitinya petugas penyelenggara di tingkat kecamatan, tanpa mempengaruhi hasil yang ada.

Secara keseluruhan, Fadlyanto menegaskan, pihaknya telah menjalankan tahapan rekapitulasi tersebut, menetapkan hasil perolehan suara yang tidak menemukan permasalahan berarti, selanjutnya

hasil ini akan dibawa pada rapat pleno terbuka tingkat Provinsi Gorontalo.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014