Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan, tahapan pelaksanaan Pemilu Presiden 2014 berjalan sukses, hal itu tidak terlepas dari kesiapan penyelenggara pemilu baik KPU maupun Bawaslu provinsi hingga ke kabupaten/kota.

Idris Rahim di Gorontalo, Sabtu, juga mengapresi peran TNI/Polri yang dinilai maksimal dalam mengamankan pesta rakyat lima tahunan itu.

"Apresiasi juga patut kita berikan kepada segenap masyarakat Provinsi Gorontalo yang secara sadar telah ikut berpartisipasi menyalurkan suaranya, serta tetap menjaga kondisi daerah yang aman, tertib dan terkendali," katanya.

Meski mengalami sedikit penurunan dalam angka partisipasi pemilih, namun pihaknya mengakui lega karena sebagian besar warga tetap ikut mencoblos.

Menurutnya, penurunan tersebut adalah wajar mengingat Pilpres bertepatan dengan Piala Dunia dan puasa Ramadhan. "Alhamdulillah turunnya tidak banyak. Ada yang tidak memilih itu wajar karena suasananya bertepatan dengan bulan puasa dan Piala Dunia. Tapi secara keseluruhan, angka itu sudah maksimal dan patut disyukuri," tambahnya.

Berdasarkan rekapitulasi KPU Provinsi Gorontalo, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu Prabowo-Hatta meraih 63,10 persen atau 378.735 suara, sedangkan Jokowi dan Jusuf Kalla 36,90 persen atau 221.497 suara.

 Prabowo-Hatta mendominasi perolehan suara di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014