Memperingat Hari Ulang Tahun Kota Gorontalo, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengingatkan pemkot untuk menata kota di usianya yang sudah memasuki 291 tahun itu.

"Saya hampir tiap malam minggu sama istri nyetir sendiri keliling di pusat kota, sudah sangat semrawut. Itu yang saya ingatkan. Bentor parkir di mana-mana. Kendaraan cafe, restoran, parkirnya juga di mana-mana," kata Rusli saat memberikan sambutan pada Paripurna HUT Kota Gorontalo yang berlangsung di Gedung DPRD, Selasa.

Menurutnya pemkot perlu mengajukan syarat bagi investor maupun swasta yang ingin mendirikan hotel, toko, rumah makan dan cafe.

Syaratnya adalah menyediakan lahan parkir agar kendaraan tidak menggunakan bahu jalan.

"Insya Allah bersama dengan Pemkot pasar kita perbaiki, pusat pertokoan juga diperbaiki, termasuk infrastruktur jalan. Setiap tahun volume kendaraan terus bertambah, tapi coba kita hitung berapa meter luas jalan yang bertambah di kota?," tukasnya.

Mantan Bupati Gorontalo Utara itu berharap agar Kota Gorontalo fokus terhadap pengembangan daerah sebagai pusat perdagangan, jasa dan pendidikan.

Pemprov siap duduk bersama dan berkolaborasi untuk mewujudkan masyarakat kota yang maju dan sejahtera.

HUT Kota Gorontalo ke-291 menjadi tahun terakhir kepemimpinan Marten Taha sebagai Wali Kota untuk periode pertama.

Marten selanjutnya akan dilantik kembali bersama wakilnya Ryan Kono pada Juni 2019.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019